Senin 13 Apr 2020 14:44 WIB

Doni: PSBB Bisa Efektif Jika Semua Bisa Bersinergi

Kepala Gugus Tugas mengatakan PSBB bisa efektif cegah corona jika semua bersinergi.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan
Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo (kanan)
Foto: Thoudy Badai/Republika
Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo yakin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kini tengah dilaksanakan di beberapa wilayah mampu menekan penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). Asalkan, semua elemen pemerintah, baik pusat, daerah hingga aparat desa bersinergi dan bekerja sama.

"Konsep pemerintah dalam penanganan Covid-19, yaitu PSBB. Tetapi, PSBB bisa efektif terlaksana dengan baik manakala dari pusat sampai provinsi, kabupaten, kota, sampai tingkat desa dan RT/RW berjalan bersinergi," ujarnya saat video conference usai menerima kunjungan Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan di akun Youtube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (13/4).

Baca Juga

Sehingga, dibutuhkan kerja sama, kebersamaan, dan persatuan pemerintah dalam upaya mengurangi masyarakat yang terdampak. Karena itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengapresiasi dukungan moril dari Wakil Ketua MPR kepada pihaknya dalam menyampaikan tugas.

Di kesempatan yang sama, Zulkifli menambahkan, menghadapi bencana non-alam seperti Covid-19, dibutuhkan adanya kebersamaan. "Hanya ada satu komando yaitu presiden yang menugaskan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Karena itu para gubernur harus berkoordinasi," katanya.

Zulkifli meminta para kepala daerah ini bisa seiring sekata atau tidak memberikan pernyataan yang membingungkan masyarakat. Ia menegaskan, Gugus Tugas telah ditunjuk memberikan pernyataan resmi mengenai masalah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement