Senin 13 Apr 2020 06:35 WIB

BNPB : Waspadai Penipuan Berkedok Donasi

Warga diminta waspadai akun Instagram penipuan mengatasnamakan BNPB

Rep: Rizky Surya/ Red: Christiyaningsih
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) berbincang dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) usai menyerahkan  bantuan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Warga diminta waspadai akun Instagram penipuan mengatasnamakan BNPB. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) berbincang dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) usai menyerahkan bantuan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Warga diminta waspadai akun Instagram penipuan mengatasnamakan BNPB. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapati akun Instagram yang mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah pandemi corona. Pengguna Instagram penipuan tersebut juga menggunakan akun bnpb.go.id.

"BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam siaran pers, Ahad (12/4).

Baca Juga

Agus menyampaikan BNPB sudah menindaklanjuti akun tersebut dengan menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk pemblokiran. Terkait dengan penerimaan donasi, Gugus Tugas telah memiliki rekening resmi.

"Silakan menyalurkan donasi ke akun resmi kami yang tersedia," ujar Agus.

Akun palsu BNPB ini menuliskan “Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai yang Donatur Kasihkan di simpan buat Uang Kas Indonesia". Pada akun tersebut, pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI. Akun tersebut menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement