Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Pemprov Sumbar Usulkan Tunda MTQ Nasional XXVIII

Sabtu 11 Apr 2020 23:44 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Foto: Pemprov Sumbar
Gubernur Sumbar usulkan tunda MTQ Nasional hingga November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengusulkan penundaan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tahun 2020 yang semula dijadwalkan 22 Agustus menjadi November 2020 karena wabah COVID-19.

"Pelaksanaan MTQ nasional kemungkinan besar tidak bisa dilaksanakan Agustus karena wabah Covid-19 telah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia. Kami usulkan mundur ke November 2020,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Sabtu (11/4).

Ia mengatakan, opsi penundaan itu bisa menjadi salah satu alternatif agar MTQ nasional tidak dibatalkan. Penundaan itu juga memberikan ruang kepada pemerintah daerah untuk fokus pada penanganan wabah Covid-19 yang trennya diprediksi masih akan meningkat satu hingga dua bulan ke depan.

"Kami minta Kakanwil Kemenag Sumbar bisa menyampaikan usulan ini sebagai salah satu alternatif kepada Kementerian Agama," katanya.

Namun,Irwan menyebut, keputusan final nantinya tergantung pada pusat. Apabila usulan penundaan disetujui, Pemprov Sumbar akan mempersiapkan semua.

"Mudah-mudahan wabah Covid-19 segera habis dan kita bisa melaksanakan event ini," ucapnya, berharap.

Terkait anggaran untuk pelaksanaan MTQ Nasional itu, Pemprov Sumbar akan mengajukan kembali pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2020, karena anggaran sebelumnya telah dipergunakan untuk antisipasi pencegahan Covid-19.

"Kita tunggu keputusan menteri agama," katanya. Ia memastikan Pemprov Sumbar akan menerima apapun keputusan dari Kementerian Agama nantinya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA