Sabtu 11 Apr 2020 17:11 WIB

Jerman Makin Kondusif, Bundesliga Mulai Lagi 9 Mei

Hanya akan ada 126 orang di dalam stadion selama pertandingan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tim Bundesliga, Bayer Leverkusen.
Foto: AP/Martin Meissner
Tim Bundesliga, Bayer Leverkusen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bundesliga dikabarkan akan kembali dimulai pada 9 Mei mendatang. Namun, pertandingan akan digelar tanpa penonton. Liga Jerman memang sudah dihentikan sejak 13 Maret lalu karena penyebaran virus corona. Dikutip dari AS, Sabtu (11/4), pertandingan kemungkinan besar akan dimulai pada pekan kedua bulan Mei, dibandingkan pada 2 Mei atau pekan pertama.

Operator Liga Sepak Bola Jerman (DFL) diyakini akan segera mengumumkan hal tersebut. "Untuk saat ini, kami hanya berdiskusi soal rencana. Segalanya akan tergantung pada banyaknya faktor eksternal lain," jelas juru bicara DFL.

DFL mempelajari logistik untuk memulai kembali kompetisi. Salah satu kuncinya adalah memainkan pertandingan tanpa penonton, dengan maksimal orang yang ada di dalam stadion adalah 126. Jumlah itu termasuk pemain, pelatih, dan staf medis, lalu empat ballboy, keamanan stadion, perwakilan kedua klub, serta maksimal 30 jurnalis.

Bundesliga, yang diisi oleh dua divisi di Jerman, secara resmi dihentikan sampai 30 April. Divisi tiga, yang berada di bawah Federasi Sepak Bola Jerman (BFB), diharapkan bisa main lagi pada 16 Mei, yang juga tanpa penonton demi alasan keamanan. Presiden DFB Fritz Keller memperingatkan, banyak klub Jerman tidak akan bertahan dari sisi finansial selama pandemi corona, termasuk klub papan tas.

Jerman adalah satu satu dari empat negara dengan jumlah terinfeksi virus corona paling banyak, dengan total 118.238 kasus dan tingkat kematian mencapai 2.607 jiwa. Namun, belakangan kondisi di sana kian kondusif. Sejumlah klub bahkan telah berani menggelar latihn bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement