Rabu 20 Apr 2022 23:35 WIB

Tiga Hadist tentang Thaun (Wabah) yang Mesti Anda Ketahui

Wabah juga menjangkiti masyarakat pada masa Rasulullah.

Sahabat Nabi yang meninggal karena wabah penyakit (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Sahabat Nabi yang meninggal karena wabah penyakit (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Pandemi Covid-19 seperti yang kita alami sekarang bukan hal yang baru. Pada masa Rasulullah SAW, terjadi wabah yang menulari masyarakat disebut dengan Thaun. Berikut tiga hadis mengenai Thaun yang dilansir dari 'Ensiklopedi Hadis' karya Abdullah bin Abdul Aziz bin Muhammad Al-Luhaidan.

1. Dari Hafsah binti Sirin bahwa ia mengatakan Anas bin Malik Ra bertanya kepadaku; Yahya meninggal karena apa? Aku katakan karena Thaun (penyakit menular). Anas berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Thaun adalah kesyahidan bagi setiap Muslim.” (HR Al Bukhari 2830, 5732, Muslim 1916, Ahmad 3/150). 

2. Dari Aisyah Ra istri Nabi SAW. Ia berkata, ‘aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Thaun. Beliau memberitahukan kepadaku bahwa Thaun adalah azab yang dikirim Allah bagi barangsiapa pun yang Dia kehendaki, dan bahwa Allah menetapkannya sebagai rahmat bagi orang-orang beriman. Tidaklah barangsiapa pun yang begitu wabah Thaun menjangkiti lantas ia tetap berada di negerinya dengan sabar dan ridha juga tahu bahwa tidak ada yang menimpanya kecuali yang ditetapkan Allah baginya, melainkan baginya seperti pahala syahid.’ (HR A-Bukhari 3474). 

3. Dari Usamah Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Thaun adalah wabah yang dikirim kepada satu kelompok dari Bani Israil atau kepada orang-orang sebelum kalian. Jika kalian mendengarnya di suatu negeri, maka janganlah kalian mendatanginya. Dan jika Thaun menjangkiti suatu negeri sementara kalian disana maka jangan keluar untuk menghindarinya.” Abu Nadhr berkata, Jangan ada yang membuatmu keluar selain untuk menghindarinya.’ (HR Al Bukhari 3473, Muslim 2218, At-Tirmidzi 1065, Ahmad 5/201, Al-Bukhari 5729, Abu Dawud 3103). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement