Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Hadapi Pandemi, Once Mekel Ajak Semua Orang Renungkan Hidup

Sabtu 11 Apr 2020 02:50 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Tampil di #KonserSatuCara, Once Mekel ajak renungkan hidup.

Tampil di #KonserSatuCara, Once Mekel ajak renungkan hidup.

Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Tampil di #KonserSatuCara, Once Mekel ajak renungkan hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Once Mekel tampil di hari kedua #KonserSatuCara, Jumat (10/4). Konser tayang via layanan streaming Vidio. Dia bergabung dengan sejumlah musisi yang tampil dari rumah masing-masing untuk menggalang dana melawan Covid-19.

Menjelang pukul sepuluh malam, layar menampilkan Once dalam balutan blazer coklat. Dia duduk di sebuah kursi nyaman di ruang kerjanya. Pada layar terpisah, tampak seorang gitaris yang siap mengiringi dia bernyanyi.

Mantan vokalis Dewa 19 itu segera melantunkan tembang "Dealova" ciptaan Opick. Meski tanpa panggung dan hanya ditemani permainan gitar akustik, suara Once yang jernih mengalun tanpa cela. Begitu pula pada lagu selanjutnya, yang berjudul "Hidup Ini".

Lewat lagu itu, Once hendak mengutarakan hal penting di tengah musibah pandemi corona yang sedang dihadapi bersama. Menurut dia, masa ini bisa menjadi waktu untuk lebih mengenal diri sendiri dan merenungkan hidup yang dijalani.

"Hidup penuh dengan atribut, dan ternyata banyak atribut itu tidak lebih penting dari kesehatan, bisa kumpul bareng keluarga, bisa bersalaman berpelukan dengan saudara. Kita harus mengerti lagi sesuatu yang lebih esensial," ujarnya.

Di sela penampilannya, Once berbincang dengan pembawa acara, Boy William. Menurut Once, menggelar konser dari rumah menjadi hal baru dan pengalaman istimewa. Dia merasa bersyukur bisa terlibat dalam #KonserSatuCara.

Kegiatan itu menyusul peluncuran lagu "Satu Cara" ciptaan Andi Rianto dan Monty Tiwa. Tembang yang sudah tersedia di kanal digital tersebut dinyanyikan 38 musisi Tanah Air, termasuk Once. Usai pembuatan lagu, bergulir ide menggelar konser.

Para musisi juga menggagas gerakan serta yayasan Solidaritas Tanpa Batas. Ada penggalangan dana lewat situs urun dana kitabisa.com yang berlanjut hingga 50 hari ke depan. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk tenaga medis dan masyarakat yang membutuhkan.

"Ini gerakan bersama, bukan buat kepentingan kami, tapi untuk Indonesia, agar semua bisa menjalankan kehidupan dengan lebih tenang," ungkap pria 49 tahun kelahiran Makassar itu. Once menutup penampilan dengan lagu "Kucinta Kau Apa Adanya".

Selain Once, hari kedua #KonserSatu menampilkan Marcell Siahaan, Naura, serta kakak beradik Gamaliel-Audrey. Pemandu acara Boy William juga berbincang dengan Joe Taslim, Ernest Prakasa, Prilly Latuconsina, Asmara Abigail, Andi Rianto, dan Monty Tiwa.

Baca Juga

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA