Jumat 10 Apr 2020 23:19 WIB

PWNU Sumsel akan Mendirikan Universitas di Palembang

Universitas NU di Sumsel disesuaikan dengan potensi daerah.

Universitas NU di Sumsel disesuaikan dengan potensi daerah. (ilustrasi) logo nahdlatul ulama
Foto: tangkapan layar wikipedia
Universitas NU di Sumsel disesuaikan dengan potensi daerah. (ilustrasi) logo nahdlatul ulama

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG— Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sumatra Selatan merencanakan membangun lembaga pendidikan tinggi berbentuk universitas di Kota Palembang.

"Lembaga pendidikan yang dimiliki NU di provinsi ini paling tinggi tingkat SMA sederajat, melihat kebutuhan pendidikan tinggi yang besar dan merencanakan mengembangkannya dengan membangun universitas," kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah NU Sumsel, KH Amirudin Nahrawi, di Palembang, Jumat (10/4).

Baca Juga

Untuk membangun lembaga pendidikan tinggi itu, pada tahun 2020 ini pihaknya telah membentuk tim yang ditugaskan melakukan berbagai persiapan seperti pembangunan gedung kampus dan merekrut tenaga dosen.

Tim tersebut diharapkan dapat melakukan berbagai persiapan dengan cepatsehingga rencana itu bisa direalisasikan dalam satu atau dua tahun ke depan, katanya.

Dia menjelaskan, secara nasional NU memiliki pengalaman membangun lembaga pendidikan tingkat dasar hingga universitas, sehingga tidak terlalu sulit untuk merealisasikan rencana tersebut.

Melalui lembaga pendidikan tinggi itu, diharapkan NU bisa mencetak sumberdaya manusia yang dapat mendukung pemanfaatan potensi daerah yang cukup berlimpah.

Sumsel memiliki potensi daerah yang cukup berlimpah seperti pertambangan batu bara, minyak dan gas bumi, serta pertanian.

“Universitas yang akan dibangun NU Sumsel diarahkan mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki provinsi ini,” ujar Amirudin.

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement