Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Korsel Umumkan 91 Pasien Sembuh Kembali Positif Covid-19

Sabtu 11 Apr 2020 02:03 WIB

Red: Andri Saubani

Sejumlah pelajar mengenakan masker wajah saat bersepeda di Seoul, Korea Selatan, Rabu, (8/4).

Sejumlah pelajar mengenakan masker wajah saat bersepeda di Seoul, Korea Selatan, Rabu, (8/4).

Foto: AP/Ahn Young-joon
KCDC menduga virus corona kemungkinan aktif kembali pada pasien yang sudah sembuh.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Otoritas kesehatan Korea Selatan (Korsel) mengumumkan pada Jumat (10/4) bahwa, 91 pasien yang semula dinyatakan sembuh dari Covid-19, kembali terjangkit setelah dilaksanakan tes lanjutan. Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC), Jeong Eun-kyeong menyatakan bahwa virus corona mungkin 'aktif kembali', dan bukan karena pasien tertular untuk kedua kalinya.

Namun, pihak otoritas kesehatan juga belum dapat memastikan apa yang sesungguhnya terjadi pada kecenderungan tersebut, selagi penyelidikan epidemiologis masih berjalan. Menurut pakar kesehatan, hasil tes yang keliru juga bisa menjadi penyebab, atau sisa-sisa infeksi virus masih berada dalam sistem tubuh pasien namun tidak dapat menjangkiti orang lain.

"Ada interpretasi yang berbeda-beda serta banyak variabel. Pemerintah perlu bersiaga untuk merespon setiap variabel tersebut," ujar profesor kedokteran paru di Rumah Sakit Sacred Heart Universitas Hallym itu.

Kemungkinan pasien sembuh terpapar kembali virus corona tengah menjadi pusat perhatian dunia internasional saat ini. Seiring dengan banyak negara yang berharap bahwa masyarakat mereka yang terinfeksi akan mempunyai imunitas yang cukup untuk mencegah kemunculan gelombang baru infeksi Covid-19.

Sejauh ini, dari 10.450 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Korsel, hampir 7.000 pasien dilaporkan sembuh. "Angka yang kembali terjangkit akan naik, 91 orang hanya permulaan pada saat ini," kata profesor bidang penyakit infeksi di Rumah Sakit Guro Universitas Korea, Kim Woo-joo.

Baca Juga

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA