Jumat 10 Apr 2020 14:40 WIB

Wilayah Pakis dan Dukun Diguyur Hujan Abu

Saat erupsi kondisi angin tidak begitu kencang

Abu vulkanik
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Abu vulkanik

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG - Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Pakis dan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diguyur hujan abu setelah terjadi erupsi di Gunung Merapi pukul 09.10 WIB.

Petugas pengamatan Gunung Merapi Pos Babadan Yulianto mengatakan erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 103 detik. Ia menuturkan teramati tinggi kolom erupsi sekitar 3.000 meter dari puncak Merapi. Arah angin saat erupsi ke barat Laut. Ia mengatakan saat erupsi kondisi angin tidak begitu kencang sehingga hujan abu hanya terjadi di sekitar Merapi saja.

Selain di wilayah Kecamatan Pakis dan Dukun, hujan abu juga terjadi di wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, antara lain terjadi di Desa Tlogolele, Klakah, dan Desa Jrakah. Yulianto mengatakan meskipun terjadi erupsi di Gunung Merapi, aktivitas warga tetap normal. Warga tetap beraktivitas di ladang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Sutanto menyebutkan sejumlah desa di Kecamatan Dukun yang terdampak hujan abu, antara lain Desa Sumber, Wonolelo, Ngargomulyo, Keningar, dan Desa Kalibening. Kemudian di wilayah Kecamatan Pakis hujan abu terjadi di Desa Ketundan, Pogalan, Kenalan dan Desa Kedakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement