Jumat 10 Apr 2020 09:50 WIB

100 Dokter di Italia Meninggal Akibat Virus Corona

Sepuluh persen orang yang terinfeksi corona di Italia bekerja di bidang kesehatan.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kematian akibat virus corona, ilustrasi
Foto: Republika
Kematian akibat virus corona, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,ROMA - Seratus dokter di Italia telah meninggal dunia akibat terinfeksi virus korona tipe baru atau Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh asosiasi kesehatan Italia, FNOMCeO, Kamis (9/4).

"Jumlah dokter yang meninggal karena Covid-19 mencapai 100 atau mungkin bahkan 101 saat ini," kata seorang juru bicara asosiasi, dilansir Aljazirah, Jumat (10/4).

Jumlah dokter yang meninggal dunia termasuk dokter pensiunan yang dipanggil lagi oleh pemerintah untuk membantu menangani pasien Covid-19. Media Italia memperkirakan sebanyak 30 perawat dan asisten perawat juga meninggal dunia karena virus corona.

"Kami tidak lagi mengizinkan para dokter dan petugas kesehatan merawat pasien virus corona tanpa alat pelindung diri yang memadai," ujar Presiden FNOMCeO, Filippo Anelli.

Lembaga kesehatan masyarakat ISS Roma memperkirakan 10 persen dari mereka yang terinfeksi virus corona di Italia bekerja di bidang perawatan kesehatan. Negara-negara lain juga mencatat angka kematian tenaga medis yang besar seperti di Wuhan (China), Inggris, Spanyol, Prancis, dan Iran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement