Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Bupati Purwakarta Tegaskan Isu Penutupan Jalan Utama Hoaks

Jumat 10 Apr 2020 06:41 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Foto: Dok Diskominfo Purwakarta
Informasi 5 akses masuk utama ke Purwakarta akan ditutup mulai H-5 puasa itu hoaks.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan masyarakat harus mewaspadai isu yang belum tentu benar atau hoaks yang masih banyak beredar. Terutama berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Baca Juga

Anne menyebutkan isu hoaks yang baru saja beredar misalnya ada pesan berantai yang memuat informasi soal kebijakan penutupan jalan dampak dari wabah corona. Dalam pesan tersebut menyebutkan ada beberapa jalur krusial yang ditutup sementara waktu selama tanggap Covid-19. Ia pun menegaskan isu tersebut hoaks.

"Dalam pesan berantai itu, salah satunya menyebutkan ada lima akses masuk utama ke Purwakarta yang akan ditutup mulai H-5 puasa. Di antaranya GT Sadang, Cikopo dan jalur krusial lainnya. Kami tegaskan, informasi dari pesan tersebut tidak benar alias hoaks," katanya, Kamis (9/4).

Ia mengaku prihatin dengan banyaknya isu-isu yang menyesatkan masyarakat dan menimbulkan keresahan terkait pandemi Covid-19 saat ini. Belakangan ini, informasi hoaks itu terpantau marak, jadi bola liar di beberapa jejaring media sosial.

Anne menilai isu hoaks ini berbahaya karena dapat meresahkan warga. Ia pun meminta masyarakat selektif menyerap informasi-informasi di tengah wabah Covid-19. "Masyarakat, kerap dibuat kebingungan untuk memilah informasi yang dianggap benar dan valid, misalnya mengenai kebijakan imbas dari wabah corona ini. Karena, banyak terdapat konten-konten informasi yang ternyata tidak sesuai fakta di lapangan,” ujar Anne.

Dalam situasi seperti saat ini, Anne berharap, masyarakat tidak begitu saja menyaplok informasi yang sumbernya tidak jelas. Untuk itu, pihaknya meminta supaya masyarakat bisa menanyakan langsung ke pemerintah jika membutuhkan informasi soal covid-19 ataupun dampak yang ditimbulkan dari wabah virus ini.

"Kami sudah menyiapkan press room, sebagai pintu informasi mengenai wabah Covid-19 ini. Lokasinya, di Kantor Dinas Kesehatan. Jadi, kalau masyarakat butuh informasi valid, bisa datang langsung atau menghubungi call center 112 yang siaga 24 jam," tambahnya.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA