Kamis 09 Apr 2020 23:11 WIB

Gelar Donor, Polres Jember Sumbang 150 Kantong Darah

Donor darah Polres Jember mengantisipasi kekurangan kantong darah.

Polres Jember menggelar donor darah merespons minimnya persediaan darah di PMI Jember.
Foto: Dok Istimewa
Polres Jember menggelar donor darah merespons minimnya persediaan darah di PMI Jember.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER— Polres Jember berinisiatif untuk memasok darah ke PMI Jember dengan menggelar kegiatan sosial berupa donor darah.

Hal ini karena pandemi virus Corona atau COVID-19 yang terjadi saat ini membuat stok darah di PMI Jember makin menipis. 

Baca Juga

Pasalnya, jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI Jember kian berkurang sejak kebijakan phisycal distancing diberlakukan. 

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres Jember, Kamis (9/4) ini melibatkan sejumlah pejabat tinggi di Jember. Di antaranya Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono, Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki, Wakapolres Jember Kompol Windy Syafutra, para Kabag, Kasat, dan Kapolsek jajaran Polres Jember. Selain itu, para anggota Kodim 0824 Jember serta anggota Polres dan Polsek jajaran Polres Jember.

Kapolres Jember, AKBP Aris Supriyono, menjelaskan donor darah yang diinisiasi Polres Jember ini bertujuan mengatasi kekurangan stok darah di PMI Jember. Dari kegiatan ini terkumpul sebanyak 150 kantong darah yang langsung diserahkan ke PMI Jember.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kekurangan stok darah di Jember dapat teratasi di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata dia. 

Dalam keadaan darurat seperti saat ini, kata Aris Supriyono, kegiatan donor darah tersebut diadakan sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu tetap menjaga jarak dan phisycal distancing. “Cara ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19,” katanya  

Secara terpisah, hal yang sama juga dilakukan Polda Aceh. Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono, di Banda Aceh, Kamis mengatakan, donor darah diikuti Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, para pejabat utama serta personel Polda Aceh dan ibu Bhayangkari.

"Dari kegiatan donor darah tersebut terkumpul 97 kantong darah. Puluhan kantong darah tersebut disumbangkan ke PMI untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya," kata Ery. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement