Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Hadits Hadits Berikut Ini Menjelaskan Keutamaan Baca Alquran

Kamis 09 Apr 2020 17:31 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Keutamaan membaca Alquran banyak terdapat di hadits-hadits Rasulullah. Ilustrasi Membaca Alquran

Keutamaan membaca Alquran banyak terdapat di hadits-hadits Rasulullah. Ilustrasi Membaca Alquran

Foto: dok. Republika
Keutamaan membaca Alquran banyak terdapat di hadits-hadits Rasulullah.

REPUBLIKA.CO.ID, Membaca Alquran mempunyai banyak keutamaan dan pahala. Keutamaan membaca Alquran tersebut banyak ditegaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya.

Berikut ini sejumlah keutamaan membaca Alquran dalam hadits-hadits Rasulullah, sebagaimana disarikan dari buku Majelis Ramadhan terbitan PT Gema Insani Press:    

1. Hadits pertama

Baca Juga

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, ''Puasa dan Alquran memberi syafaat kepada Allah pada hari kiamat. Puasa berkata, ''Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya makan dan minum dan memenuhi syahwatnya pada siang hari, maka perkenankanlah aku memberi syafaat baginya. Dan Alquran pun berkata, ''Aku telah menghalanginya tidur pada malam hari maka perkenankanlah aku memberi syafaat baginya.' Lalu syafaat keduanya diterima Allah.'' (HR Ahmad)

2. Hadits kedua 

Diriwayatkan dari Utsman bin Affan RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Sebaik-baik kamu ialah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya (kepada orang lain).'' (HR Bukhari dan Muslim)

3. Hadits ketiga

Diriwayatkan dari Aisyah RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Orang yang mahir membaca Alquran disertai duta-duta Allah (malaikat) yang mulia lagi baik-baik, sedangkan orang yang membaca Alquran dengan tergagap-gagap (karena belum pandai) lagi sangat payah membacanya maka ia memperoleh dua pahala.'' (HR Bukhari dan Muslim)

4. Hadits keempat

Diriwayatkan dari Abu Musa al Asy'ari RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Perumpamaan orang mukmin yang membaca Alquran bagaikan buah limau, baunya harum dan rasanya lezat. Sedangkan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran bagaikan kurma, tidak berbau tapi lezat rasanya.'' (HR Bukhari dan Muslim)

5. Hadits kelima 

Dari Umamah RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Bacalah Alquran, karena dia akan datang pada hari kiamat sebagai pembela (pemberi syafaat) bagi orang yang mempelajari dan menaatinya.'' (HR Muslim)

6. Hadits keenam

Dari Uqbah bin Amir RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Apakah tidak senan seseorang dari kalian pergi ke masjid lalu mempelajari atau membaca dua ayat Alquran, yang hal itu lebih baik baginya dari pada (berkurban) dua ekor kunta, dan tiga ayat lebih baik dari pada (berkurban) tiga ekor unta, empat ayat lebih baik daripada (berkurban) empat ekor unta dan seterusnya.” (HR Muslim).

7. Hadits ketujuh

Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Tiadalah berkumpul suatu kaum dalam baitullah (masjid) untuk membaca kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan pasti turun pasti turun kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni malaikat dan diingat Allah di depan makhluk yang sisi-Nya.'' (HR Muslim).

8. Hadits kedelapan

Dari Abdullah bin Mas'ud RA bahwa Nabi SAW bersabda, ''Alquran itu adalah jamuan dari Allah, karena itu terimalah jamuan ini semampumu. Sesungguhnya Alquran ini tali Allah yang kuat dan cahaya-Nya yang cemerlang, dan sebagai obat yang berguna. Dia adalah pegangan bagi orang-orang yang berpegang padanya dan keselamatan bagi orang-orang yang mengikutinya. Dan tidak pernah menyimpang sehingga perlu dilempangkan, tidak pernah bengkok sehingga perlu diluruskan, tidak pernah habis keajaiban-keajaibannya, dan tidak pernah lapuk karena banyaknya orang yang menolaknya. Bacalah ia, karena Allah akan memberimu pahala pada tiap-tiap hurup yang kamu baca sebanyak sepuluh hasanah (kebaikan), saya tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.'' (HR Hakim). 

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA