Kamis 09 Apr 2020 15:47 WIB

Ini Alasan Jokowi tidak Larang Masyarakat Mudik

Presiden Jokowi menjelaskan alasan belum mengeluarkan larangan mudik untuk masyarakat

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah melarang aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN dan anak usahanya, serta aparat TNI-Polri untuk mudik Lebaran tahun ini. Namun, larangan serupa belum berlaku bagi masyarakat umum. 

Bagi masyarakat umum, Presiden Jokowi hanya diberlakukan anjuran agar tidak mudik, bukan larangan yang mengikat. Jokowi menjelaskan alasan di balik belum ada larangan mudik bagi masyarakat umum. 

Baca Juga

Menurutnya, sampai saat ini pemerintah pusat masih mengkalkulasi dan mengevaluasi kondisi di lapangan. Jokowi mengidentifikasi ada dua kelompok masyarakat yang tak bisa begitu saja dilarang mudik.

"Pertama, warga yang terpaksa pulang kampung karena masalah ekonomi setelah diterapkan pembatasan sosial sehingga penghasilan mereka turun, tak ada pekerjaan dan penghasilan. Kedua, karena tradisi yang sudah puluhan tahun kita miliki di Indonesia," jelas Jokowi dalam keterangan pers, Kamis (9/4).  

Jokowi menambahkan, pembatasan mudik dan opsi larangan mudik bagi masyarakat umum baru akan diputuskan setelah pemerintah pusat rampung mengevaluasi berdasarkan data yang ada. Sampai saat ini, ujarnya, larangan mudik secara resmi baru berlaku untuk ASN, pegawai BUMN dan anak usahanya, serta aparat TNI-Polri.

"Larangan mudik itu akan kita putuskan setelah melelaui evaluasi di lapangan yang kita lakukan setiap hari. Tetapi sekali lagi bahwa larangan mudik untuk ASN TNI Polri, BUMN dan anak usahanya per hari ini bisa saya sampaikan," jelasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement