Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Gubernur NTT: Warga Dilarang Makan di Rumah Makan

Kamis 09 Apr 2020 14:15 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu Laiskodat (kiri) bersama Wakil Gubernur Josef Nae Soi (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).

Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu Laiskodat (kiri) bersama Wakil Gubernur Josef Nae Soi (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Masyarakat hanya boleh membeli makan di rumah makan, tetapi dibawa pulang

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat menginstruksikan kepada bupati dan wali kota, untuk melarang warga makan di rumah makan.

Instruksi ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).Larangan tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur NTT nomor:180.5.54/1/Kesbangpol, tertanggal 6 April 2020, tentang penggunaan masker, penyediaan sarana cuci tangan dan pelarangan makan di rumah makan, di Kupang.

Dalam instruksi gubernur  berisikan delapan poin itu, bupati dan wali kota diminta untuk mewajibkan pemilik rumah makan, agar tidak melayani pengunjung yang memesan makan dan langsung makan di tempat. Masyarakat hanya boleh membeli makan di rumah makan, tetapi dibawa pulang dan dilarang untuk makan di rumah makan.

Selain melarang warga makan di rumah makan, gubernur  menginstruksikan kepada para bupati dan wali kota untuk mewajibkan warganya mengenakan masker kain saat berada di luar rumah.

Bupati dan wali kota juga diminta untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang cara pembuatan dan penggunaan masker.Menyediakan masker berbahan kain untuk dibagikan kepada para pedagang di pasar, sopir kendaraan umum, tukang ojek dan para pekerja lain di area publik.

Pemerintah setempat pun akan melakukan penegakan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Mereka melarang masyarakat untuk keluar rumah atau ke ruang publik tanpa menggunakan masker secara persuasif. Tidak lupa, menyediakan air mengalir untuk mencuci tangan pada kantor pemerintah dan dan area publik, demikian instruksi Gubernur NTT.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA