Kamis 09 Apr 2020 13:51 WIB

500 TKI dari Malaysia Jalani Karantina di Sumut

500 TKI yang pulang dari Malaysia dikarantina di dua lokasi di Sumut.

TKI Malaysia (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/M Rusman
TKI Malaysia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 500 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara yang dipulangkan dari Malaysia akan menjalani karantina sebelum dikembalikan ke daerahnya masing-masing.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah mengatakan para TKI ini nantinya akan dikarantina di dua lokasi. Adapun TKI gelombang pertama yang tiba pada Kamis (9/4) yakni sebanyak 270 TKI akan dikarantina di Taman Cadika, Lubuk Pakam. Sedangkan yang tiba pada Jumat (10/4) akan dikarantina di Eks. Bandara Polonia Medan.

Baca Juga

"Para TKI ini akan langsung dikarantina sebelum dikembalikan ke daerahnya masing-masing," katanya di Bandara Internasional Kualanamu, Kamis (9/4).

Pantauan di lokasi, para TKI gelombang pertama tiba sekitar pukul 08.30 WIB dengan menaiki pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH860. Setibanya di Bandara Internasional Kualanamu, tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut langsung melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para TKI.

 

Adapun pemeriksaan kesehatan itu mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan kepada TKI maupun barang bawaan, dan melakukan wawancara. Apabila ditemukan gejala Covid-19 maka akan dilakukan uji rapid test Covid-19 yang bertujuan untuk mencegah masuknya Covid-19 melalui TKI yang kembali dari luar negeri.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement