Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Ketika Suara Indah Glenn Fredly Bershalawat Badar

Kamis 09 Apr 2020 09:01 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Mendiang Glenn Fredly.

Mendiang Glenn Fredly.

Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Glenn dikenal sebagai pribadi yang mendambakan persatuan umat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepergian Glenn Fredly meninggalkan duka bagi mereka yang pernah dibuai dengan suara indah penyanyi asal Maluku ini. Tak hanya lagu-lagu romantis, dalam beberapa tahun belakangan Glenn bahkan kerap bernyanyi tembang-tembang Islami.

Identitas kepercayaan mendiang Glenn sempat menjadi bahan perbincangan ketika ia menyanyikan lagu "Selamat Hari Lebaran". Namun, tak ada yang lebih hangat diperbincangkan ketika sosok murah senyum yang wafat pada usia 44 tahun ini melantukan shalawat badar beberapa waktu lalu. Toleransi indah diperlihatkan oleh Glenn yang merupakan seorang Nasrani.

Hal itu kembali menjadi perbincangan ketika akun Twitter milik cendekiawan Muslim terkemuka Tanah Air, Haidar Bagir, mengunggah video Gleen saat bersenandung shalawat badar. Beragam komentar pun ramai memenuhi akun Twitter mantan petinggi Republika tersebut.

Berikut videonya yang bisa pula disimak di Youtube:

 

Glenn memang dikenal sebagai sosok pribadi yang mendambakan persatuan umat. Tak hanya lewat musik, beragam kegiatan bersifat toleransi agama pun kerap ia lakukan.

Komika Indonesia, Pandji Pragiwaksono, pernah berkisah tentang undangan dari Glenn kepadanya untuk bicara di depan jemaat sebuah gereja. Saat itu Pandji berbicara dengan kapasitasnya sebagai perwakilan umat Muslim.

"Waktu itu gue bingung mesti salam pakai apa untuk ngebuka speech gue. Gue lalu ngeliat ke arah Glenn dan dia dengan tatapan 'Kasih Putih'-nya itu (salah satu judul hit Glenn) memberikan gue keyakinan untuk ucap assalamualaikum warrahamatullahhi wabarakatuh. Hebatnya, seisi gereja ngejawab salam gue juga dengan cara Islam, waalaikumsalam warrahamatullahhi wabarakatuh. Di situ gue yakin persatuan antarumat beragama sangat mungkin terwujud di negara ini," kata Pandji dalam salah satu penampilan stand-up comedy-nya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA