Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Apa Itu Meningitis dan Kenali Gejalanya

Rabu 08 Apr 2020 23:21 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Nora Azizah

Meningitis adalah infeksi yang disebabkan bakteri atau virus (Foto: ilustrasi ruam merah pada penyakit meningitis)

Meningitis adalah infeksi yang disebabkan bakteri atau virus (Foto: ilustrasi ruam merah pada penyakit meningitis)

Foto: ABC
Meningitis adalah infeksi yang disebabkan bakteri atau virus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia musik Indonesia tengah berduka atas meninggalnya musisi terbaik, Glann Fredly. Pelantun lagu Akhir Cerita Cinta itu disebut meninggal dunia setelah mengidap penyakit meningitis.

Baca Juga

Melansir dari Health24, Rabu (8/4), penyakit meningitis adalah infeksi jaringan di otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit meningitis ini dikategorikan menjadi dua, yaitu meningitis bakteri dan meningitis virus. 
 
Meningitis bakteri dapat berakibat fatal dan dapat menular apabila melakukan kontak dengan cairan tubuh seseorang yang memiliki bakteri. Penularan ini dapat terjadi selama bersin, pendarahan hidung atau berbagi lipstik atau lip balm, atau dengan ciuman.
 
Sedangkan meningitis virus dalam banyak kasus kurang serius dan pasien biasanya sembuh total. Virus ini biasanya ditularkan oleh nyamuk atau bersentuhan dengan air yang telah terkontaminasi saluran pembuangan kotoran.
 
Lalu bagaimana tanda-tandanya seseorang terkena meningitis?
Gejala meningitis sangat mirip dengan pilek atau flu, termasuk juga sakit kepala yang biasanya disertai dengan mual dan demam tinggi. Seringkali mata pasien juga menjadi sangat sensitif terhadap cahaya dan mereka akan mengeluh tentang leher yang kaku.
 
Dalam beberapa kasus bisa sangat buruk, misalnya Anda tidak bisa mencapai dada dengan dagu. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul seperti diare, kantuk, ruam merah gelap, merasa disorientasi atau bahkan tidak sadarkan diri.
 
Tidak semua yang terkena Meningitis akan mengalami semua gejala tersebut, tetapi yang terbaik adalah dengan segera mengunjungi dokter setelah mengalami beberapa gejala tersebut
 
Apakah penderita meningitis harus dirawat? 
Setelah melakukan kunjungan ke dokter maka akan segera dilakukan tes meningitis. Bila seseorang tersebut dinyataka positif meningitis maka harus segera menjalani perawatan di rumah sakit.
 
Jika Anda pernah berkontak dengan penderita meningitis, segera membuat janji dengan dokter. Semakin dini diagnosis dibuat semakin baik peluang untuk pulih sepenuhnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA