Rabu 08 Apr 2020 23:14 WIB

Sebanyak 1.883 Siswa Lulus SNMPTN di Unsyiah

84,28 persen merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA di wilayah Aceh.

SNMPTN
SNMPTN

REPUBLIKA.CO.ID,ACEH BESAR -- Sebanyak 1.883 siswa dari 10.671 orang yang mendaftar melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 dinyatakan lulus diterima di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh.

“Pengumuman hasil SNMPTN sudah dapat dilihat melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dan http://snmptn.unsyiah.ac.id/ sejak Rabu, 8 April pukul 13.00 WIB,” kata Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu (8/4).

Ia menjelaskan dari jumlah peserta yang lulus tersebut, sebanyak 84,28 persen merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA di wilayah Aceh.

Ia mengatakan pada seleksi SNMPTN tahun 2020, Unsyiah berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan, di mana Program Studi Farmasi Unsyiah berhasil menempati urutan keempat nasional, sebagai Program Studi dengan keketatan tertinggi.

Rektor menilai, pemeringkatan ini menunjukkan jika program studi di Unsyiah semakin diminati calon mahasiswa di Indonesia.

“Ini menunjukkan kualitas program studi Unsyiah semakin baik, sehingga diminati dan diperhitungkan di tingkat nasional. Alhamdulillah kita berhasil mengungguli beberapa universitas ternama di Indonesia,” kata Rektor.

Ia menambahkan sebanyak 12.359 putra-putri Aceh mengikuti proses seleksi melalui jalur SNMPTN dan dari jumlah tersebut, sebanyak 5.132 peserta dinyatakan lulus pada Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Sementara itu, jumlah siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang lulus SNMPTN di Aceh sebanyak 2.235 orang.

Ia menyenutkan dari jumlah tersebut, 597 siswa merupakan peserta KIP Kuliah yang diterima di Unsyiah. Rektor juga mengajak para peserta SNMPTN yang lulus tersebut untuk menjadi Duta Pencegahan Covid-19. dengan cara, menyosialisasikan materi pencegahan Covid-19 yang tersedia di website LTMPT atau Satgas Covid-19 Unsyiah.

“Kita berharap setiap peserta yang lulus, bisa turut berkontribusi untuk sama-sama membantu pemerintah dalam mengahadapi pandemi ini,” kata Rektor yang juga Wakil Ketua I LTMPT.

Ia menambahkan bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN, diharapkan untuk mengikuti beberapa tahapan penting berupa verifikasi data akademik dan para calon mahasiswa diminta untuk melihatnya pada website www.unsyiah.ac.id dan media sosial Unsyiah.

Rektor juga mengingatkan, bagi peserta yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN, masih dapat mengikuti tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang pendaftarannya pada tanggal 2 – 20 Juni 2020 dan untuk Informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui website www.ltmpt.ac.id.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement