Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

52 UMKM di Agam Produksi Sembilan Ribu Masker Kain per Hari

Rabu 08 Apr 2020 23:20 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Perajin menjahit kain masker industri rumahan. Ilustrasi

Perajin menjahit kain masker industri rumahan. Ilustrasi

Foto: ANTARA/Jojon
Masing-masing UMKM mampu memproduksi antara 10 sampai 1.000 helai masker kain.

REPUBLIKA.CO.ID,LUBUKBASUNG - - Sebanyak 52 usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memproduksi masker kain 9.147 helai per hari untuk kebutuhan warga dalam mengantisipasi Corona Virus Disease (Covid-19). Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam Aguska Dwifajra di Lubukbasung, Rabu (8/4), mengatakan masing-masing UMKM mampu memproduksi antara 10 sampai 1.000 helai masker kain.

"UMKM ini memiliki anggota satu sampai 20 orang dan produksi sesuai dengan jumlah anggota atau tenaga kerja. Ini berdasarkan pendataan yang kita lakukan dan 52 UMKM itu tersebar di 12 kecamatan," katanya.

Ia mengatakan, masker kain itu dipasarkan di Agam, kabupaten dan kota di Sumbar. Khusus di Agam, Pemkab Agam memesan masker itu ke UMKM dan dibagikan kepada warga sekitar. "Masker itu kita beli ke UMKM dan kita serahkan ke warga dan para pedagang," katanya.

Ia menambahkan, 52 UMKM itu beralih usaha dari makanan, konfeksi dan lainnya ke usaha pembuatan masker kain karena permintaan cukup banyak setelah wabah Covid-19. Untuk belajar pembuatan masker, tambahnya, mereka belajar secara otodidak setelah masker langka di seluruh daerah.

Koperindakop UKM Agam mengarahkan UMKM untuk membuat alat pelindung diri (OPD) karena permintaan cukup banyak saat wabah Covid-19. "Mereka telah kita arahkan untuk membuat APD," katanya.

Jumlah UMKM di Agam sebanyak 13.183 unit yang tersebar di 16 kecamatan. UMKM itu bergerak pada usaha makanan, konfeksi, sulaman, bordir dan lainnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA