Rabu 08 Apr 2020 22:33 WIB

Rekor Transfer Alan Shearer

Alan Shearer memutuskan pindah dari Blackburn Rovers ke Newcastle United pada 1996

Alan Shearer
Foto: guardian.co.uk
Alan Shearer

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Rekor transfer dunia pecah ketika Alan Shearer  memutuskan pindah dari Blackburn Rovers ke Newcastle United pada 1996. Ia hijrah ke St James' Park dengan biaya transfer dunia sebesar 15 juta pounds.

Pemain yang lahir dari kota Newcastle ini merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Primer Inggris, yakni 260 gol. Pencapaian itu 73 gol lebih banyak dari urutan kedua yang ditempati Andrew Cole.

 

Striker kelahiran 13 Agustus 1970 ini memimpin tim berjuluk the Magpies ke posisi kedua di akhir klasemen Liga Primer pada akhir musim 1996-1997. Shearer juga mengantarkan the Magpies ke final Piala FA pada 1998 dan 1999. Secara keseluruhan, Shearer telah menciptakan 404 penampilan untuk Newcastle dengan mencetak rekor 206 gol di semua kompetisi.

Ia mencetak gol ke-206 bagi Newcastle dalam pertandingan kompetitif terakhirnya yang dimainkan pada 17 April 2006. Kala itu, the Magpies bermain melawan rival berat mereka, Sunderland. Dalam laga itu, Shearer mencetak satu gol dalam kemenangan 4-1 the Magpies atas Sunderland.

Namun, malapetaka datang tatkala Shearer terlibat insiden tabrakan dengan pemain lain. Shearer mengalami robek pada ligamen di lutut kirinya.  Pada 22 April 2006, striker legendaris Newcastle United Alan Shearer memutuskan gantung sepatu dari karier sepak bola profesional.

Meski sebelumnya, Shearer sempat menyatakan keinginannya untuk pensiun pada akhir musim. Faktanya, cedera yang menderanya mengawali jadwalnya untuk mulai pensiun lebih dulu. Shearer secara efektif mengakhiri kariernya dengan tiga pertandingan tersisa.

Sejak pensiun, Shearer menikmati karier yang sukses sebagai pengamat di televisi. Ia tampil secara berkala di acara Match of the Day BBC. Pada April 2009, Shearer kembali ke Newcastle United sebagai pelatih sementara hingga akhir musim. Ia mengisi posisi sementara Joe Kinnear yang kondisi kesehatannya tengah buruk kala itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement