Rabu 08 Apr 2020 17:10 WIB

TPU Selapajang Jaya Dikhususkan untuk Pasien Covid-19

Pemakaman jenazah corona di Blok D untuk umat Muslim dan Blok B untuk non-Muslim.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana pemakaman jenazah positif corona di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana pemakaman jenazah positif corona di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) telah menyiapkan lahan khusus pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Selapajang Jaya, Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari.

Sekretaris Dinas Perkim Kota Tangerang, Widi Hastuti mengatakan, kesiapan ini sebagai antisipasi penolakan warga terhadap jenazah Covid-19 yang marak terjadi di berbagai wilayah.

Pihaknya bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait telah memberikan penyuluhan kepada perwakilan warga di kantor kelurahan pada 28 Maret dan pegawai di TPU Selapajang Jaya pada 27 Maret 2020. "Kami bersama Dinas Kesehatan, kecamatan dan kelurahan juga telah memberikan penyuluhan kepada ketua RT, RW dan tokoh masyarakat sekitar TPU, agar mereka tidak khawatir dengan hadirnya pemakaman jenazah Covid-19 di wilayahnya," ujar Widi dalam keterangannya, Rabu (8/4).

Khusus untuk pegawai pelayanan pemakaman di TPU Selapajang Jaya, menurut Widi, Pemkot Tangerang telah menyediakan alat pelindung diri (APD) "Jadi saat mereka menerima jenazah dari Rumah Sakit, para petugas yang menguburkan sudah siap dengan baju APD tersebut, sehingga meminimalkanpenyebaran virus corona kepada petugas," sambungnya.

Untuk lahan yang disediakan oleh Pemkot Tangerang, sekitar 200 meter yang berada di Blok D untuk umat Muslim dan Blok B untuk non-Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement