Rabu 08 Apr 2020 16:44 WIB

Untar Beri Layanan Konseling Gratis bagi Tenaga Medis

Untar layanan konseling daring gratis bagi tenaga medis dan keluarganya.

Petugas medis
Foto: Antara/Fauzan
Petugas medis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara (Untar) memberikan layanan konseling daring gratis bagi tenaga medis dan keluarganya.

"Layanan ini menyasar tenaga medis seperti dokter, paramedik, dan staf yang bekerja di rumah sakit, yang merupakan garda terdepan dalam penanganan kasus Covid-19. Kami juga membuka layanan untuk keluarga mereka, karena banyak tenaga medis yang harus meninggalkan keluarga," ujar Dekan Fakultas Psikologi Untar, Dr Rostiana SPsi MSi Psikolog, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (8/4)

Layanan konseling tersebut akan ditangani para psikolog berizin praktik yang terdiri atas dosen dan lulusan program profesi psikologi Untar. Selama masa tanggap darurat Covid-19, kata dia, sebagian masyarakat mengalami kondisi penuh tekanan.

Kondisi itu dialami para pemberi layanan kesehatan termasuk tenaga medis dan paramedis, yang menghadapi risiko tinggi terpapar Covid-19 dan harus terpisah dari keluarga tercinta selama bertugas.

"Layanan juga dibuka untuk rekan-rekan Untar, baik itu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan seluruh karyawan yang bekerja di Untar termasuk satpam maupun petugas kebersihan," kata dia.

Rektor Untar Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan mengatakan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung dari pandemi Covid-19 sangat diperlukan.

"Kontribusi kita sebesar apapun, sangat berharga. Untar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki potensi ikut berkontribusi. Kami juga terpanggil mengadakan layanan konseling secara daring dan tidak berbayar. Ini bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terus akan dilaksanakan Untar, terutama pada masa pandemi ini," kata Agustinus.

Layanan telekonseling itu dapat diperoleh dengan cara mengirimkan pesan tertulis kepada administrator, Reza dengan nomor kontak 081294522132,Ikhsan dengan nomor kontak 081398806747 (untuk dosen dan karyawan Untar), dan Novita dengan nomor kontak 08777709719 (untuk mahasiswa Untar).

Telekonseling dibuka setiap Senin-Jumat, pukul 09.00-21.00 WIB. Waktu pertemuan dengan psikolog akan ditentukan oleh administrator.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement