Rabu 08 Apr 2020 15:12 WIB

Pembuangan APD di Selokan Jagakarsa Disesalkan

Polisi menyelidiki insiden pembuangan APD di selokan Jagakarsa.

Petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Viral di media sosial foto APD yang dibuang di selokan di Jagakarsa Jaksel.
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Viral di media sosial foto APD yang dibuang di selokan di Jagakarsa Jaksel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji menyayangkan pembuangan alat pelindung diri (APD) di selokan Jalan Moch Khafi, Jagakarsa. Petugas medis harusnya bisa memberi contoh praktik penggunaan APD sesuai prosedur.

"Kita sangat menyayangkan kejadian itu, harusnya petugas kesehatan bisa memberikan contoh yang baik ke masyarakat," kata Isnawa saat dihubungi di Jakarta, Rabu (8/4).

Baca Juga

Menurut Isnawa, dalam situasi saat ini petugas medis hendaknya bisa memberikan contoh kepada masyarakat dalam penanganan virus corona Covid-19 yang benar sesuai dengan prosedur tetap yang ada. "Jadi mereka (tenaga medis) masih membuang sampahnya dengan salah, apalagi membuang limbah medis itu sangat berbahaya," ujar Isnawa yang juga Wakil Wali Kota Jakarta Selatan.

Isnawa meminta aparat berwajib segera menyelidiki kejadian tersebut untuk menciptakan rasa aman di masyarakat yang sedang menghadapi pandemi Covid-19. Isnawa berterima kasih kepada masyarakat yang telah membantu memonitor wilayahnya serta melaporkan kejadian yang terjadi di lingkungannya seperti penemuan APD yang dibuang tersebut, termasuk melaporkan orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam penanganan (PDP).

Menurut Isnawa, saat ini peran aktif masyarakat dituntut untuk mengawasi lingkungannya masing-masing. Memastikan tidak ada yang bergerombol, tidak berkerumun dan tidak ada aktivitas-aktivitas yang mengundang orang untuk berkumpul dengan menerapkan jaga jarak sosial dan fisik (social atau physical distancing).

"Saya berterima kasih kalau masyarakat ada yang mengawasi lingkungannya," kata Isnawa.

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Selatan tengah menyelidiki penemuan APD yang dibuang di selokan di Jalan Moch Khafi, Jagakarsa, pada Selasa (7/4) malam. Penemuan APD berupa pakaian dekontaminasi atau hazmat lengkap dengan dua pasang sarung tangan berwarna biru itu viral di media sosial.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement