Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Lima Aplikasi yang Paling Banyak Digunakan Selama Karantina

Rabu 08 Apr 2020 14:00 WIB

Red: Nora Azizah

Karantina di rumah membuat pergeseran dalam menjalankan aktivitas sehari-hari (Foto: ilustrasi pakai aplikasi sehari-hari)

Karantina di rumah membuat pergeseran dalam menjalankan aktivitas sehari-hari (Foto: ilustrasi pakai aplikasi sehari-hari)

Foto: Piqsels
Karantina di rumah membuat pergeseran dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karantina di rumah membuat pergeseran dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak heran bila masyarakat mengandalkan teknologi selama berada di rumah.

Teknologi banyak berperan untuk membantu menggantikan beberapa kegiatan yang memerlukan pertemuan fisik, mulai dari bekerja sampai belajar di sekolah. Berikut merupaka lima aplikasi yang banyak digunakan selama berkegiatan #dirumahaja.

Baca Juga

Zoom
Aplikasi ini mendadak sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk menggantikan pertemuan fisik, baik untuk keperluan bekerja maupun komunikasi santai dengan keluarga dan teman, yang untuk sementara waktu tidak bisa ditemui langsung.

Zoom menyediakan konferensi video yang mendukung ratusan partisipan dalam satu waktu, menjadi aplikasi favorit untuk rapat kantor dari jarak jauh sampai kegiatan belajar-mengajar. Aplikasi ini menawarkan 40 menit panggilan video jika menggunakan akun secara gratis.

TikTok
Platform media sosial berupa streaming video ini sebenarnya sudah populer sebelum imbauan berkegiatan #dirumahaja. Selama berada di dalam rumah, warganet mencari hiburan dan kegiatan lewat platform TikTok, misalnya mengikuti aktivitas "video challenge".

photo
Bermain Ponsel (Ilustrasi) - (Pexels)

TikTok sudah mengantongi lebih dari 100 juta unduhan hanya dari Google Play Store. Aplikasi ini juga masuk ke Top Charts Apps di Play Store.

Google Classroom
Platform Google Classroom banyak digunakan untuk menggantikan pertemuan di kelas fisik selama kegiatan belajar dan mengajar. Platform ini bisa digunakan baik untuk guru maupun murid untuk belajar di kelas virtual.

Lewat Google Classroom, guru bisa memberikan penugasan secara daring kepada murid dan memberikan nilai. Sementara bagi murid, mereka bisa mendapatkan materi belajar dan mengumpulkan tugas di platform ini.

WhatsApp
WhatsApp menjadi aplikasi berkirim pesan yang paling populer di Indonesia saat ini, anak sekolah hingga orang tua menggunakan platform ini untuk berkirim kabar, terutama saat tidak bisa keluar rumah seperti saat ini.

WhatsApp bekerja sama dengan berbagai pihak, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika serta organisasi kesehatan dunia WHO untuk memberikan informasi yang valid tentang COVID-19.

Garena Free Fire: Kalahari
Game online Free Fire juga menjadi salah satu aplikasi favorit untuk mengisi waktu selama #dirumahaja, salah satunya karena bisa dimainkan lewat ponsel.

Game ini menjadi salah satu aplikasi game di kategori Top Grossing di Google Play Sotre, dengan jumlah unduhan di atas 500 juta.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA