Rabu 08 Apr 2020 13:18 WIB

Teknik dan Manajemen Jadi Prodi Favorit Peserta SNMPTN

Teknik infromatika Unpad miliki keketatan pendaftar tertinggi, yakni 1:60 atau 1:65

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ratna Puspita
Universitas Padjajaran. Data LTMPT menyebutkan teknik infomatika Unpad menjadi favorit pendaftar SNMPTN untuk program studi sains dan teknologi (saintek). Jurusan lain di Unpad yang menjadi favorit para siswa, yakni manajemen dan ilmu komunikasi.
Universitas Padjajaran. Data LTMPT menyebutkan teknik infomatika Unpad menjadi favorit pendaftar SNMPTN untuk program studi sains dan teknologi (saintek). Jurusan lain di Unpad yang menjadi favorit para siswa, yakni manajemen dan ilmu komunikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan hari ini, Rabu (8/4) pada pukul 13.00 WIB. Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jurusan teknik informatika menjadi favorit untuk bidang sains sedangkan jurusan manajemen menjadi favorit pada sosial humaniora.

Data LTMPT menyebutkan program studi yang menjadi favorit para pendaftar, yakni teknik informatika, farmasi, kedokteran gigi, manajemen, ilmu komunikasi, pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

Baca Juga

Pada SNMPTN kali ini, LTMPT menghitung keketatan pendaftar sejumlah program studi. Untuk program studi sains dan teknologi (saintek), teknik infromatika Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki keketatan tertinggi yakni 1,20 persen. 

"Ini berarti sekitar 1:60 atau 1:65 lah," kata Ketua LTMPT, Mohammad Nasih, dalam konferensi pers dalam jaringan, Rabu (8/4). 

Sementara urutan nomor dua dalam prodi saintek, yakni jurusan farmasi Universitas Diponegoro (Undip) dengan keketatan 1,26 persen. Urutan ketiga adalah jurusan farmasi UNS dengan keketatan 1,38 persen. 

Urutan keempat adalah jurusan farmasi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dengan keketatan 1,61 persen. Urutan kelima adalah kedokteran gigi Universitas Diponegoro (Undip) dengan keketatan 1,73 persen. 

"Dari tabel ini kita bisa membaca bahwa nampaknya ada kecenderungan para siswa untuk fokus dan sangat tertarik pada bidang teknik, karena jumlah teknik yang keketatannya sangat tinggi, disusul dengan fokus farmasi, baru kemudian program studi lain yang menjadi incaran para peserta," kata Nasih. 

Untuk program studi sosial humaniora (soshum), keketatan tertinggi terjadi di jurusan manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yakni 0,94 persen. Urutan kedua yakni jurusan manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan keketatan 1,31 persen. 

Urutan ketiga untuk program studi soshum diisi oleh jurusan ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan keketatan 1,33 persen. Urutan keempat adalah jurusan pendidikan guru SD (PGSD) Universitas Sriwijaya (Unsri) dengan keketatan 1,34 persen. Adapun urutan kelima adalah jurusan ilmu komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) sebanyak 1,42 persen. 

"Manajemen masih sangat ketat di berbagai macam perguruan tinggi, ilmu komunikasi, dan HI masih menjadi fokus dari para siswa," kata Nasih menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement