Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Lakukan Karantina Mandiri Jika Alami Gejala Ringan Covid-19

Rabu 08 Apr 2020 12:51 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Gejala dan cara cegah virus corona (Covid-19). Masyarakat diminta melakukan karantina mandiri jika alami gejala ringan Covid-19.

Gejala dan cara cegah virus corona (Covid-19). Masyarakat diminta melakukan karantina mandiri jika alami gejala ringan Covid-19.

Foto: Republika
Masyarakat diminta melakukan karantina mandiri jika alami gejala ringan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah mengatakan, orang yang terinfeksi virus corona tipe baru dengan gejala ringan sebaiknya melakukan karantina mandiri di rumah. Mereka juga dianjurkan berkoodinasi dengan dinas kesehatan setempat.

"Saat karantina di rumah, harus ada ketentuan yang ditaati pasien sehingga tidak menyebarkan virus corona kepada keluarga," kata Rita saat jumpa pers di Graha BNPB sebagaimana siaran langsung yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Rita mengatakan, gejala Covid-19 adalah demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Pada kasus berat, pasien bisa saja mengalami sesak napas.

Bila pada diri terdapat gejala-gejala tersebut, maka seseorang perlu waspada. tetapi tidak perlu panik. Rita mengatakan, lebih baik mencari tahu cara mengatasi dan mencegah sehingga tetap merasa aman di lingkungan sekitar.

"Kita sudah tahu bahwa sebaiknya tetap ada di rumah. Itu sangat penting. Kalau ada gejala, sebiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan," tuturnya.

photo
Membedakan gejala Covid-19 dengan selesma dan influenza - (Republika)
Rita mengajak masyarakat untuk tidak panik ketika mendengar di lingkungan sekitar terdapat yang positif Covid-19. Yang penting dilakukan adalah menghindar agar tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang dinyatakan positif.

"Mari kita sama-sama melakukan pencegahan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, melakukan etika bersin dan batuk, serta memakai masker di tempat-tempat umum," jelasnya.

Rita mengatakan, meskipun tetap di rumah, seseorang juga bisa tetap produktif dengan melakukan pekerjaan, belajar, dan beribadah di rumah. Ia mengajak masyarakat untuk disiplin.

"Jadilah pahlawan dengan melindungi diri kita dan orang lain. Menangkan perang melawan Covid-19. Indonesia pasti bisa," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA