Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Melihat Supermoon Terbesar dari Berbagai Belahan Dunia

Rabu 08 Apr 2020 12:17 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Supermoon tampak sebagai latar gedung pencakar langit di London.

Supermoon tampak sebagai latar gedung pencakar langit di London.

Foto: reuters
Pada Selasa (7/4), Supermoon terlihat di berbagai belahan dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam tadi, apakah Anda sempat melihat langit? Jika langit tidak mendung atau tertutup awan, ada bulan purnama atau jamak disebut Supermoon, pada, Selasa (7/4) malam tadi.

Baca Juga

Istilah supermoon dibuat pada 1979 oleh ahli astrologi Richard Nolle. Ini kemudian menjadi istilah yang semakin populer dalam beberapa dekade sejak itu. Supermoon terjadi ketika bulan sangat dekat dengan Bumi dan membentuk penuh objek seperti purnama.

photo
Supermoon tampak di kota London. - (EPA)

Kedekatan bulan dengan Bumi, secara alami, membuatnya terlihat sangat dekat dan sangat terang, bahkan diperkirakan hingga 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama pada titik terjauh dari planet manusia

photo
Supermoon tampak di kota Roma, Italia. - (reuters)

Supermoon kali ini juga dijuluki sebagai bulan merah muda. Adakah warna merah muda disana? Tentu tidak. Supermoon yang muncul pada April sering dihubungkan dengan bunga mekar di awal musim semi Phlox subulata, bunga liar merah muda asli yang ada Amerika Utara bagian timur. Bunga liar umumnya disebut merayap phlox atau lumut phlox dan juga dikenal dengan nama moss pink (lumut merah muda).

photo
Fenomena Bulan Supermoon yang juga disebut sebagai super pink moon menghiasi langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/4/2020) dini hari. Astronom Indonesia menyebutkan, fenomena supermoon dimana bulan 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya itu terjadi saat bulan berada pada titik perige terdekat sekitar 356,909 kilometer dari Bumi dan merupakan supermoon terbesar sepanjanb 2020, sekitar 9 jam setelah Bulan berada di perigee disusul bulan purnama Pink Moon, Egg Moon, dan Grass Moon di negara-negara empat musim. - (Antara/Rahmad)

Dari tiga supermoon yang muncul pada 2020, supermoon malam tadi merupakan supermoon terbesar dan tercerah. Hal ini lantaran posisi Bulan berada terdekat dengan Bumi. Supermoon berikutnya, diperkirakan akan berlangsung pada 7 Mei, atau satu bulan setelahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA