Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Fitur Tanya Jawab Jadi Favorit di Platform Belajar Daring

Rabu 08 Apr 2020 12:04 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Belajar daring. Siswa menjadikan

Belajar daring. Siswa menjadikan "tanya jawab" sebagai fitur favorit di platform belajar daring.

Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Siswa menjadikan "tanya jawab" sebagai fitur favorit di platform belajar daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform belajar daring Zenius Education dan Kelas Pintar mencermati ada satu fitur yang paling banyak disukai para pengguna mereka saat belajar online di rumah selama wabah Covid-19. Fitur bertanya-jawab soal pelajaran sekolah rupanya teramat diminati.

Penyebabnya, fitur tanya-jawab ini membuat suasana belajar mirip saat berada di kelas langsung, meski pun sebenarnya dilakukan dari jarak-jauh. Zenius sejak Maret lalu memiliki layanan Live Class, tutor akan siaran langsung pada pukul 10.00 WIB untuk mengajar topik tertentu. Daya tarik layanan Live Class terletak pada sesi tanya-jawab yang bisa dilakukan secara langsung lewat live chat.

"Interaksi ini yang membuat para peserta didik menjadi lebih semangat karena ada pengalaman yang berbeda," kata CEO Zenius Education Rohan Monga, melalui pesan elektronik kepada Antara.

Fitur serupa juga dimiliki Kelas Pintar. Pengguna dapat memanfaatkan fitur Tanya untuk berkonsultasi seputar materi pelajaran, yang akan dijawab langsung oleh tim akademis mereka.

Kelas Pintar memiliki fitur lain yang selama periode belajar di rumah banyak digunakan, yakni Materi Pelajaran, Tugas dan Soal, siswa dapat belajar lewat materi yang mereka miliki karena Kelas Pintar sudah menyesuaikan materi agar sama dengan yang diajarkan di sekolah.

"Jadi, semasa belajar di rumah, para siswa dapat melanjutkan apa yang dipelajarinya di sekolah sebelumnya," kata pendiri Kelas Pintar, Fernando Uffie.

Lewat fitur Tugas, guru bisa memberikan penugasan kepada siswa seperti ketika berada di kelas betulan. Platform-platform ini sejak pemerintah mengimbau belajar dari rumah untuk mengurangi penyebaran Covid-19 menggratiskan beberapa program agar siswa tetap dapat bersekolah dari jarak jauh.

Kebijakan gratis ini tentu mempengaruhi pertumbuhan pengguna platform belajar online, Kelas Pintar sudah mengantisipasi pertumbuhan ini dengan melengkapi konten edukasi.

"Terkait materi pelajaran maupun soal, kami sudah melengkapinya sejak jauh-jauh hari," kata Fernando.

Zenius bekerja sama dengan Gojek, penyedia layanan on-demand, agar konten mereka bisa diakses lewat aplikasi pemesanan ojek daring tersebut. Program ini bertujuan untuk memperluas kesempatan siswa untuk belajar online di tengah kondisi seperti ini, termasuk anak-anak para pengemudi dan toko yang bergabung dengan platform tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA