Rabu 08 Apr 2020 11:09 WIB

Saat Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Menangis

Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi menangis menceritakan perjalanan hidupnya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Saat Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Menangis. Foto Ilustrasi: Warga berada di dekat Surau Ijuk Sicincin, di Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (10/5/2019). Surau merupakan salah satu tempat belajar Islam orang Minangkabau di Sumatra Barat.
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Saat Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Menangis. Foto Ilustrasi: Warga berada di dekat Surau Ijuk Sicincin, di Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (10/5/2019). Surau merupakan salah satu tempat belajar Islam orang Minangkabau di Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Di antara warisan intelektual Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi adalah kitab Al-Qaulu al-Nahif fi Bayani Tarjamah Tarikh Hayati Ahmad Khatib Ibni Abdil Lathief. Manuskrip asli biografi ini hanya satu, yaitu manuskrip yang ditulis Syekh Khatib dengan tinta hitam yang terdiri dari 52 halaman. Manuskrip asli ini disimpan di Perpustakaan Makkah nomor 116. 

Baca Juga

Menurut Syekh Khatib, di antara tradisi para ulama yang shaleh adalah menceritakan sejarah hidup mereka, sehingga orang-orang yang ada di belakang mereka bisa mengenalnya dan para ulama juga menceritakan beberapa nikmat yang diraih.

Demikian juga dengan Syekh Khatib. Sebagai ulama, Syekh Khatib juga menceritakan kisah hidupnya melalui buku otobiografinya ini. Penulisan sejarah kehidupan Syekh Khatib ini diharapkan menjadi pelajaran bagi anak-anak dan semua kerabatnya agar termotivasi untuk menempuh jalan keilmuan yang terpuji serta sibuk dengan belajar dan mengajar. 

Selain itu, Syekh Khatib menulis otobigrafinya ini karena diminta oleh murid-muridnya. "Maka aku tulislah kitab ini untuk menjelaskan hal itu agar mereka mengenal keadaanku, termasuk generasi sesudahku yang mengetahui sejarah hidupku, dari kawan-kawan dari Indonesia, dan lain-lain," tulis Syekh Khatib. 

Dalam otobiografinya ini, Syekh Khatib bercerita tentang kehidupan masa kecilnya di Minangkabau, perjalanan dua kali ke Makkah, guru-guru yang mendidiknya, kitab yang dipelajarinya, serta kisah pernikahan dan keluarganya. Saat membaca kisah hidup Syekh Khatib, para pembaca akan merasa seperti membaca novel, karena kata-kata yang disusun Syekh Khatib sangat ringan. 

Manuskrip otobiografi ini ditulis oleh Syekh Khatib empat bulan sebelum wafat pada 1916. Namun, yang sangat berharga bagi para pembaca buku ini adalah nasihat-nasihat Syekh Khatib. “Inilah nasihat dari lubuk hati dan air mata yang terus mengalir di pipi,” kata Syekh Khatib.  

Salah satu nasihat yang disampaikan Syekh Khatib adalah tentang kemuliaan ilmu. Menurut Syekh Khatib, ilmu bisa didapatkan dengan belajar dan mengajar, serta berperilaku seperti perilaku ulama. Menurut dia, melalaikan ilmu sebelum mendapatkannya berarti puas dengan kebodohan dan kebutaan, untuknya mati lebih baik daripada hidup. 

Sementara itu, jika lalai setelah mendapatakannya maka kelalaian itu membawanya pada kebodohan yang murni. Menurut Syekh Khatib, sangat banyak orang berilmu yang meninggalkan ilmunya dan kembali pada kebodohan yang nyata. Karena itu, dia berpesan kepada umat Islam untuk mengikat erat-erat ilmunya.

Syekh Khatib mengutip sebuah syair berikut: llmu adalah binatang buruan sedangkan menulis adalah tali ikatannya. Ikatlah bintang buruanmu dengan tali yang kuat. Di antara kebodohan kamu menangkap buruan, kemudian kamu biarkan lepas bersama binatang lain dengan bebas.

Syekh Khatib mengatakan, ilmu tidak akan berkembang kecuali dengan belajar dan mengajar. Orang yang melalaikan ilmu, maka ilmu itu akan pergi dari hatinya dan jadilah dia orang yang bodoh. 

Menurut dia, Allah sendri dalam Alquran telah mencela orang yang berubah dari seseorang yang berilmu menjadi orang yang tidak berilmu. “Dia (orang yang berubah tersebut) tercela secara logika dan agama,” kata Syekh Chotib.  

Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi (1860-1916) merupakan ulama nusantara asal Minangkabau yang memiliki pengaruh besar. Meski tidak hidup di tanah air, pemikiran Syekh Khatib banyak tersebar di nusantara. 

Syekh Khatib pernah menjadi imam dan khatib di Masjid al-Haram Makkah. Di sana, dia mengajar ribuan ulama yang datang dari berbagai dunia, termasuk dari tanah kelahirannya sendiri. Beberapa murid Syekh Khatib dari Indonesia yaitu pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement