Rabu 08 Apr 2020 04:02 WIB

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Kini Negatif Covid-19

Hasil tes swab Oh-kyun mematahkan dua kali tes cepat yang menyatakan ia positif.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun dinyatakan negatif Covid-19.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun dinyatakan negatif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter PSSI Syarif Alwi mengumumkan kabar gembira dari hasil tes swab salah satu pelatih tim nasional Indonesia Gong Oh-kyun. Pelatih yang menangani timnas U-19 ini dinyatakan negatif terinfeksi virus corona (Covid-19). Oh-kyun menjalani tes pada Sabtu (4/4) lalu di sebuah rumah sakit Jakarta dan hasilnya keluar pada Selasa (7/4) ini. Hasil tes swab Oh-kyun mematahkan dua kali tes cepat yang menyatakan ia terinfeksi virus corona.

“Begitu pelatih Gong Oh-kyun dinyatakan positif corona melalui dua kali rapid test, kami langsung melakukan tes swab dan hasilnya negatif. Hasil ini langsung kami laporkan ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan,” kata Syarif Alwi dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa.

Tes swab adalah metode pengujian dengan menggunakan sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut, atau hidung. Setelah itu, serangkai tes akan dilakukan pada sampel tersebut menggunakan metode bernama PCR (polymerase chain reaction). Dengan metode ini, dapat terlihat ada atau tidaknya DNA virus corona pada sampel tersebut. 

“Kami terus pantau perkembangannya, termasuk dengan memberikan berbagai terapi dan vitamin,” katanya.

Setelah hasil tes diketahui, Oh-kyun langsung diperbolehkan pulang dari rumah sakit mulai hari ini. Sebelumnya, Oh-kyun sudah diisolasi di rumah sakit selama empat hari. “Saat ini kondisinya baik-baik saja," kata Syarif.

Sebelumnya, Oh-kyun bersama empat pelatih asal Korea Selatan lainnya, yakni Shin Tae-yong, Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong, juga menjalani pemeriksaan dan tes virus corona. Empat pelatih ini dinyatakan negatif. Dengan izin PSSI, mereka pun diperbolehkan pulang ke Korea Selatan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement