Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Hutama Karya Sebut Volume Kendaraan di Ruas Tol Turun

Rabu 08 Apr 2020 04:49 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Volume kendaraan di ruas tol yang dikelola BUMN PT Hutama Karya turun 50 persen. Foto suasana jalan tol yang sangat lengang.(ilustrasi)

Volume kendaraan di ruas tol yang dikelola BUMN PT Hutama Karya turun 50 persen. Foto suasana jalan tol yang sangat lengang.(ilustrasi)

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Rata-rata penurunanannya mencapai 50 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) mengungkapkan ruas tol yang dikelola BUMN ini mengalami penurunan volume kendaraan yang melintas. Kondisi ini terjadi menyusul anjuran agar masyarakat bekerja dan berkegiatan di rumah sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Baca Juga

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro mengatakan bahwa saat ini terjadi penurunan volume kendaraan yang melintas di beberapa ruas tol yang dikelola Hutama Karya baik di Sumatera maupun di Jakarta. “Rata-rata penurunan Lalu Lintas Harian (LHR) mencapai 50 persen di mana yang paling signifikan terlihat adalah di tol JORR seksi S yang mencapai 51 persen. Juga tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang mencapai 75 persen dalam sepekan terakhir,” ujar Aries dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (7/4).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa penurunan LHR ini merupakan imbas wabah virus corona yang semakin meluas baik di Jakarta maupun di Sumatra. Di samping itu dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial serta imbauan untuk bekerja dan berkegiatan dari rumah, membuat mobilitas pengguna tol turun drastis.

“Operasional di seluruh cabang tol hingga saat ini masih berjalan normal, namun volume kendaraan menjadi lebih sepi dari biasanya karena banyak masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah aja,” kata Aries.

Sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Hutama Karya mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona di Indonesia. Hutama Karya juga akan mengikuti instruksi dari pemerintah dalam pengelolaan ruas tol yang dikelolanya, termasuk apabila diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah operasi jalan tolnya.

Disamping itu, untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19, Hutama Karya telah melakukan berbagai tindakan preventif. Mulai dari penyemprotan disinfektan secara rutin dan penyediaan hand sanitizer di seluruh gerbang tol, pengecekan suhu tubuh kepada seluruh petugas tol setiap pergantian shift, pembagian tongkat tol gratis di tol Medan-Binjai (Medbi), hingga penyemprotan disinfektan di Rest Area tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA