Selasa 07 Apr 2020 15:45 WIB

Federasi Sepak Bola Brasil Beri Dana Bantuan untuk Klub

Dana ini diharapkan bisa membantu klub-klub bertahan di tengah krisis corona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF).
Foto: wallpapercave.com
Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF).

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) akan menyalurkan dana segar buat klub-klub di Divisi III dan IV Liga Brasil dan klub-klub yang tampil di dua divisi teratas kompetisi sepak bola wanita. Total, CBF akan menggelontorkan dana bantuan sebesar 19 juta real brasil (reais) atau sekitar Rp 58 miliar.

Dana ini diharapkan bisa membantu klub-klub tersebut untuk bisa bertahan di tengah krisis akibat pandemi covid-19. Nantinya, dana bantuan tersebut akan disalurkan kepada 88 klub di Divisi III, Serie C, dan keempat, Serie D, Liga Brasil, dan 52 tim yang berpartisipasi di dua level teratas sepak bola wanita di Brasil.

''Kami tengah berada dalam krisis global, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dampak dan konsekuensi dari krisis itu pun masih belum bisa diperkirakan. Untuk itu, sangat penting bagi kami untuk ikut bertindak dan bertanggung jawab. Tujuan dari langkah ini adalah memberikan bantuan langsung dan sesegera mungkin,'' kata Presiden CBF, Rogerio Cabocio, seperti dikutip Reuters, Selasa (7/4).

Rencananya, setiap tim di Serie C akan menerima dana bantuan sebesar 200 ribu reais (Rp 615 juta). Sedangkan 68 klub di kasta Serie D akan menerima masing-masing dana bantuan sebesar 120 ribu reais (Rp 368 juta).  Sementara di dua level teratas kompetisi sepak bola wanita, CBF akan membagikan 120 ribu reais (Rp 368 juta rupiah) kepada 16 klub di divisi A1, dan 50 ribu reais (Rp 153 juta ) masing-masing untuk 36 klub di divisi A2.

Tidak hanya itu, CBF juga akan menggelontorkan dana bantuan untuk federasi sepak bola negara bagian di Brasil, yang menjadi anggota CBF, dengan besaran mencapai 120 ribu reais. Akibat pandemi covid-19, seluruh kompetisi sepak bola di Brasil memang telah dihentikan untuk sementara.

Imbas dari penundaan sementara kompetisi tersebut, klub-klub berpotensi kehilangan pemasukan dan mengalami kerugian. Sebelumnya, CBF juga telah mendorong pembayaran uang muka hak siar kepada klub-klub di divisi kedua sepak bola Brasil, Serie B. Tiap-tiap klub di Serie B akan menerima masing-masing 600 ribu reais (Rp 1,8 miliar).

Tidak hanya itu, untuk meringankan beban keuangan klub, CBF juga akan membebaskan biaya tambahan, yang biasanya dibayarkan kala sebuah klub melakukan transfer pemain atau mendaftar ke sebuah kompetisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement