Selasa 07 Apr 2020 14:07 WIB

Emil Sulap Hotel Grand Preanger Jadi Penginapan Tenaga Medis

Hotel Grand Preanger merupakan hotel kelas bintang lima di Jawa Barat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengunjungi Hotel Grand Preanger Bandung, Selasa (7/4). Kedatangan Ridwan Kamil tersebut untuk melihat dari dekat pemanfaatan hotel  bintang lima yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai tempat tinggal sementara para petugas dan tenaga kesehatan yang bertugas tangani pasien terkait virus Covid-19.

Menurut Ridwan Kamil, pemanfaatan Hotel Grand Preanger sebagai tempat tinggal sementara untuk para tenaga kesehatan dan dokter yang bertugas di rumah sakit sudah sejak lama dipikirkan.

Baca Juga

“Jadi minggu lalu, saya putuskan untuk menjadikan hotel milik Provinsi Jawa Barat ini untuk menjadi tempat tinggal para tenaga kesehatan dan dokter, karena (Grand Preanger) ini adalah hotel bintang lima, dan mungkin menjadi satu-satunya hotel bintang lima di Indonesia yang digunakan sebagai tempat tinggal para tenaga kesehatan dan dokter yang bertugas menangani Covid-19,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Menurut Emil, selama tiga bulan, sejak April hingga Juni 2020, Hotel Grand Preanger akan menjadi hotel terdepan dalam memfasilitasi para petugas, tenaga kesehatan dan dokter dalam menangani penyebaran Covid-19.

 “Harapannya bulan Juli ketika mudah-mudahan penyebaran Covid 19 ini sudah reda, Hotel Grand Preanger sudah mulai beroperasi lagi,” katanya.

Dalam kunjungan ke Hotel Grand Preager ini, Emil pun mengapresiasi PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) – Jaswita Jabar yang dalam waktu yang relatif singkat, menyiapkan Hotel Grand Preanger untuk difungsikan sebagai tempat tinggal sementara para petugas dan tenaga kesehatan.

“Saya mengapresiasi Jaswita Jabar, karena dari semua fasilitas yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini adalah yang paling baik, Hotel Grand Preanger ini adalah Hotel Bintang lima, sehingga dapat menjadi pesan positif kepada masyarakat, bahwa semua pihak terlibat dalam upaya memerangi Covid 19 ini,” paparnya.

Emil juga mengharapkan agar para tenaga kesehatan dan dokter yang untuk sementara tinggal di Hotel Preanger, dapat bekerja dengan tenang dengan fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini.

Menurut Emil, semua harus melawan stigma bahwa para tenaga kesehatan ini harus dijauhi, karena berpotensi menyebarkan virus Corona.

Justru sebaliknya, mereka adalah pahlawan dan garda terdepan dalam upaya menangani dan mengurangi penyebaran Covid 19, yang harus kita dukung dengan segala cara.

Direktur Utama PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, penyiapan hotel Grand Preanger sebagai tempat tinggal sementara para petugas kesehatan merupakan respons Jaswita Jabar terhadap permintaan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada BUMD Jawa Barat untuk terlibat aktif dalam upaya meminimalisir penyebaran virus korona di Jawa Barat.

“Pak Gubernur memberikan arahan kepada BUMD Jabar, khususnya Jaswita Jabar untuk turut berperan aktif dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona di Jawa Barat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement