Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Nasihat Buya Yahya untuk Pencipta Lagu Aisyah

Selasa 07 Apr 2020 12:53 WIB

Red: A.Syalaby

Buya Yahya

Buya Yahya

Foto: Republika TV
Jangan sampai mensifati jasad saat berbicara tentang istri baginda Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' menjadi viral di jagad media sosial. Para artis YouTube beramai-ramai meng-cover lagu ciptaan artis Malaysia tersebut. Sabyan, Syakir Daulay hingga artis Indonesian Idol Brisia Jodie menyanyikan lagu yang dipersembahkan untuk istri Rasulullah bergelar Humairah itu. 

Meski demikian, lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah mengundang kontroversi. Pada beberapa bait lagu tersebut, terdengar deskripsi jasad Ummul Mukminin itu. Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahjah, Cirebon, KH  Yahya Zainal Ma'arif atau Buya Yahya mengungkapkan, para ulama membuat kaidah bagaimana menyifati istri Baginda Nabi SAW. Menurut Buya Yahya, penggambaran jasad secara umum adalah sah. Dengan catatan, tidak mengarah kepada sifat yang spesial. Namun berbeda sekiranya saat menyebut tentang istri Nabi SAW. 

“Karena itu adalah ibu kita. Anda lelaki normal enggak mungkin bisa fisik detail. Mohon maaf tentang bibir karena khusus mahramnya. Kecuali kalau hatinya rusak. Tapi jika normal dan sehat tidak bisa,” jelas Buya Yahya saat menjawab pertanyaan jamaah dalam kajian Al Bahjah di channel YouTube-nya.

Buya Yahya pun berpesan agar jangan sampai mensifati jasad saat berbicara tentang istri baginda Rasulullah. Menurut dia, menyebut tentang fisik yang sangat pribadi bisa jadi ada lelaki yang membayangkan. “Oo.. ibundamu,” jelas dia. Tidak hanya terhadap Siti Aisyah, Buya Yahya juga berpesan terkait perempuan mulia lainnya seperti Fatimah Az Zahra. 

Meski demikian, Buya Yahya mengajak kepada kaum Muslimin untuk berhusnudzon kepada niat pembuat lagu dan syair tersebut. Jika niat pencipta lagu itu baik, yakni untuk menghadirkan ibunda Aisyah agar menjadi suri tauladan di tengah umat, maka Buya Yahya berpendapat dia mendapat pahala. Dengan catatan, memperbaiki hal-hal yang kurang di liriknya. 

Dia pun mengajak kepada umat Islam untuk tidak menghujat pembuat lagu. Menurut Buya Yahya, kesalahan terlebih ketidaksengajaan pada manusia merupakan hal yang normal. “Kita ber-khusnudzon pada pembuat lagu itu,”jelas dia.

photo
Hasbi alias Mr Bie, sosok musisi di balik lagu Aisyah Istri Rasulullah yang viral. - (Instagram)

"Aisyah" dirilis pada Mei tahun 2017 lalu di bawah naungan label musik Media Asia Production Sdn Bhd (Map Music) dari Malaysia. Sementara pencipta dan penulis lirik lagu "Aisyah" adalah Razif bin Zainuddin dari Projector Band.

Lagu tersebut dinyanyikan ulang dan dirombak liriknya menjadi versi reliji oleh Youtuber Malaysia bernama Hasbi Haji Muh Ali alias Mr Bie. Video cover tersebut kemudian ia unggah di akun YouTube miliknya bernama Mr Bie pada Agustus 2017.Video cover versi Mr Bie itulah yang kini populer dikenal sebagai lagu "Aisyah Istri Rasulullah".

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA