Selasa 07 Apr 2020 11:42 WIB

Ikuti Jejak SBY, Kapten Teddy Indra Wijaya Lulus Ranger School AS

Ranger School adalah program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat AS.

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (kanan).
Foto: Dispenad
Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tab Ranger yang tersemat di bagian lengan kirinya menandakan bahwa Kapten Inf Teddy Indra Wijaya telah menjadi salah satu perwira TNI AD yang berhasil meraih kualifikasi pasukan elite US Army Ranger. Teddy merupakan alumnus Akademi Militer (Akmil) Magelang 2011.

Atase Militer Darat RI untuk Amerika Serikat (AS), Kolonel Inf Hendri, dalam rilis tertulisnya dari Washington DC, menjelaskan, Ranger School adalah program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat (AD) AS yang menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi 75th Ranger Regiment.

"Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini, berkisar 20-25 persen dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut," ujarnya dikutip dalam laman resmi TNI AD.

Standar pendidikan Ranger Regiment, lanjut Hendri, mereka menerapkan metode sistem gugur setiap hari. Sehingga pada setiap kegiatan tes persyaratan standar kelulusannya tinggi.

 

"Meliputi kemampuan individual dalam fisik, navigasi darat, ranger tactical test yang diuji dalam tahap RAP Week, serta penilaian leadership in patrol, peer evaluation," terang Hendri. "Serta dalam setiap tahap harus meraih dukungan dari rekan-rekan satu regu dengan batas maksimal pelanggaran prosedur yang ketat," tambahnya.

Dari tingkat kesulitan serta dinamika itulah, menurut Hendri, Ranger School menjadi sekolah paling bergengsi bagi US Army (AD AS). "Siswa yang tidak memenuhi standar akan langsung dikeluarkan setiap harinya, recycle atau mengulang tahap sebelumnya, atau pun mengulang dari hari pertama yaitu day 0," ucap Hendri.

Di Pangkalan Militer Fort Benning, Georgia, di gerbang depan terpampang tulisan Not for the Weak and Fainthearted (Bukan untuk Mereka yang Lemah dan Pengecut). Menurut Hendri, sebanyak 76 siswa yang lulus langsung dari 412 siswa jumlah awal, hanya satu siswa asing yang berhasil lulus.

Dalam Ranger School kali ini, awalnya diikuti 412 siswa AD AS dan enam siswa negara asing (Jerman, Ukraina, Indonesia, Arab Saudi, Kanada, Belanda). Itu pun tidak semuanya lulus sampai tahapan akhir.

Perwira TNI AD lainnya yang berhasil lulus Ranger School, di antaranya Presiden ke-6 RI Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, eks Sekretaris Menkopolhukam Letjen (Purn) Hotmangaraja Panjaitan, eks Sesjen Wantannas Letjen (Purn) Nugroho Widyotomo, mantan Dankodiklatad Letjen (Purn) Syaiful Rizal, serta beberapa perwira muda yang menjadi generasi penerus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement