Selasa 07 Apr 2020 09:02 WIB

Bangladesh Batasi Jamaah Sholat di Masjid

Pembatasan jamaah sholat di masjid untuk menekan penyebaran covid-19.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Bangladesh Batasi Jamaah Sholat di Masjid. Foto: Masjid Atia di Bangladesh.
Foto: star
Bangladesh Batasi Jamaah Sholat di Masjid. Foto: Masjid Atia di Bangladesh.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Dampak meningkatnya kasus baru pasien terinfeksi virus corona, pemerintah Bangladesh membatasi jumlah jamaah shalat di masjid.

Dilansir di gulf-times.com, Senin (6/4) Bangaldesh saat ini membatasi shalat berjamaah di 250 ribu masjid yang tersebar di seluruh negara.

Baca Juga

“Tidak lebih dari lima orang pada suatu waktu akan diizinkan untuk shalat fardhu berjamaah,” kata Kementerian Urusan Agama dalam sebuah perintah.

Hanya imam, muadzin,  dan pengurus masjid lainnya yang mendapat izin shalat berjamaah di masjid. Sedangkan untuk sholat jumat hanya 10 jamaah yang dibolehkan sholat di masjid.

Sedangkan bagi umat Islam lainnya untuk melaksanakan sholat di rumah masing-masing. Banyak warga mengajukan pertanyaan di media sosial tentang mengapa Bangladesh dengan populasi lebih dari 160 juta dan lebih dari 90 persen Muslim, mengizinkan sholat dalam kelompok besar ketika banyak negara Islam lainnya melarangnya karena pandemi virus corona yang baru.

Segera setelah perintah itu dikeluarkan, banyak masjid di Dhaka terdengar memberi tahu orang-orang melalui sistem pengumuman publik untuk tidak datanf di masjid dan sholat di rumah.

Negara di Asia Selatan ini juga memberlakukan pembatasan sosial bagi kantor yang tidak bekerja dalam kondisi dsrurag,  angkutan umum dan sekolah pada 26 Maret. Mereka telah melaporkan 123 kasus Covid-19 dengan 12 kematian.

Di antara mereka, 35 lima kasus infeksi dan tiga kematian dilaporkan dalam 24 jam terakhir yang berakhir Ahad pagi (5/4).

Dampak Ekonomi

Ribuan pekerja garmen diperintahkan untuk menyuarakan kekhawatiran tentang hilangnya pendapatan setelah tiba di tempat kerja untuk menemukan pabrik-pabrik tutup setelah pembatalan pesanan Barat karena pandemi coronavirus. Meskipun angka resmi tidak diumumkan, para pemimpin buruh mengatakan mayoritas pekerja yang mereka ajak bicara telah diberhentikan sementara atau dikirim cuti.

Mengeluh dipecat

Bangladesh, yang berada di belakang China sebagai pemasok pakaian ke negara-negara Barat, bergantung pada industri garmen untuk lebih dari 80 persen ekspornya, dengan sekitar empat ribu pabrik mempekerjakan sekitar 4 juta orang, kebanyakan wanita.

Banyak merek fesyen Barat memproduksi pakaian di Bangladesh tetapi pembatalan meningkat setiap hari di tengah karantina yang disebabkan oleh coronavirus secara global.

Para pekerja pergi ke pabrik-pabrik di Dhaka berharap mendapat bayaran untuk bulan Maret dan melanjutkan pekerjaan setelah istirahat 10 hari yang diberlakukan oleh pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus corona. Meskipun pemerintah kemudian memperpanjang penutupan hingga 14 April, para pekerja mengatakan bahwa pemiliknya meminta mereka untuk kembali pada 5 April.

“Ketika mereka tiba di pabrik pagi ini, sebagian besar pekerja diberitahu bahwa mereka diberhentikan atau pabrik akan dilanjutkan setelah penutupan, ”kata Khadiza Akter, wakil presiden serikat Sommilito Garments Sramik Federation.

Serikat pekerja garmen menyerukan kepada pemerintah, pembeli, atau pemilik pabrik untuk membayar pekerja yang akan berjuang untuk memberi makan diri mereka sendiri dan keluarga mereka tanpa penghasilan.

Kementerian Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan Bangladesh telah meminta pemilik pabrik garmen untuk tidak memecat pekerja dan membayar mereka gaji penuh untuk bulan Maret paling lambat 12 April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement