Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Pemkab Karawang Sediakan Pemakaman Khusus Pasien Corona

Selasa 07 Apr 2020 06:35 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Proses pemakaman jenazah pasien suspek corona di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (26/3).

Proses pemakaman jenazah pasien suspek corona di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (26/3).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Lokasi pemakaman khusus bagi warga terkena corona itu di wilayah timur Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, menyiapkan lokasi pemakaman khusus bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar corona atau Covid-19. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, mengatakan, penyediaan pemakaman khusus itu sebagai bentuk antisipasi jika keluarga bingung atau kesulitan mencari tempat pemakaman.

Lokasi pemakaman khusus bagi warga yang meninggal karena terpapar corona itu berada di wilayah timur Karawang. Fitra menyampaikan, sebenarnya jenazah yang terpapar corona tidak menularkan virus kepada warga yang berada di sekitar pemakaman. Sehingga warga tidak perlu khawatir jika tinggal dekat dengan komplek pemakaman.

"Jika orang meninggal dunia karena Covid-19, maka virus tidak akan menular kepada warga. Makanya kami lakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan arahan Kemenkes dan standar WHO," katanya di Kabupaten Karawang, Senin (6/4).

Sementara itu, satu orang yang positif corona di Karawang meninggal dunia pada Ahad (5/4). Pasien positif corona yang meninggal itu berjenis kelamin laki-laki, berusia 50 tahun.

Informasi yang berhasil dihimpun, meninggalnya pasien positif corona itu sempat heboh karena tersiar kabar terjadi penolakan pemakaman jenazah pasien positif corona tersebut.

Akibat aksi penolakan itu, pemakaman jenazah pasien positif corona tidak bisa dilakukan pada hari Ahad, dan baru dilaksanakan pada Senin (6/4) pagi. Itu pun dilakukan di kecamatan lain sekitar Karawang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA