Selasa 07 Apr 2020 05:54 WIB

Anji Rekam Lagu 'Menjaga Dunia' dari Rumah

Bersama belasan musisi, Anji menghadirkan lagu "Menjaga Dunia" yang direkam di rumah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Anji berkolaborasi dengan belasan musisi dalam menghadirkan lagu
Foto: Republika/Umi Soliha
Penyanyi Anji berkolaborasi dengan belasan musisi dalam menghadirkan lagu "Menjaga Dunia".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Anji Manji menghadirkan lagu baru "Menjaga Dunia" bersama belasan musisi Indonesia. Pria 41 tahun kelahiran Jakarta itu mengatakan, ini pertama kalinya dia terlibat dalam produksi lagu dari jarak jauh.

"Gua rasa buat pelaku industri ada hal-hal baru yang dipelajari ketika Covid-19 melanda, salah satunya "Menjaga Dunia" yang prosesnya seru banget dari rumah," kata Anji dalam konferensi pers via aplikasi Zoom, Senin (6/4).

Baca Juga

Terkait perangkat, Anji tidak kesulitan karena di rumahnya memang sudah dipersiapkan perlengkapan untuk berbagai proses kreatif, termasuk produksi lagu. Produser Ade "Govinda" memberikan materi dan bagian lagu yang harus dia nyanyikan.

Menurut Anji, lagu menjadi media penting untuk menyampaikan pesan. Begitu pula tembang "Menjaga Dunia" yang menyiratkan ajakan untuk bersama-sama menjaga jarak. Bukan karena tidak saling sayang, tetapi justru karena peduli terhadap sesama.

Selama anjuran pembatasan sosial oleh pemerintah, Anji meyakini banyak orang yang berkegiatan dan bekerja dari rumah (WFH) membutuhkan hiburan. Lagu "Menjaga Dunia" hadir untuk menemani hari-hari masyarakat Indonesia.

Dia mengapresiasi pemilihan musisi yang dilakukan Ade bersama inisiator pembuatan lagu, grup Mahaka Radio Integra (MARI). Ada sebanyak 13 penyanyi lintas genre yang berkolaborasi, begitu juga tiga pemain musik lainnya termasuk Ade.

Anji membawakan lagu bersama Titi DJ, Judika, Rian D'Masiv, Vidi Aldiano, Ifan Govinda, Neida dan Ilham HIVI!, Cita Citata, Rizky Febian, Lala Karmela, Pamungkas, serta Claudia Emmanuela. Masing-masing mengirimkan materi vokal dari kediaman, termasuk Claudia yang berada di Jerman.

"Pemilihan musisi dari banyak genre ini akan bisa berdampak ke banyak lapisan. Bagaimanapun masyarakat kita harus diingatkan, cara paling enak adalah melalui lagu," ujar Anji yang selama WFH banyak membaca, mengulik lagu, dan mengajari anaknya bermain gitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement