Selasa 07 Apr 2020 05:34 WIB

Usai Lari Keliling Kompleks, Bersihkan Perlengkapannya

Kuman dapat menempel pada perlengkapan olahraga saat berlari keliling kompleks.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lari pagi keliling kompleks, setelahnya jangan lupa membersihkan perlengkapan yang dipakai.
Foto: Republika/Prayogi
Lari pagi keliling kompleks, setelahnya jangan lupa membersihkan perlengkapan yang dipakai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh selama pandemi Covid-19. Salah satu jenis olahraga yang mungkin cukup mudah dilakukan saat ini adalah berlari keliling kompleks dengan tetap menjaga jarak fisik yang aman dengan orang lain dan tak membuat kerumunan.

Ada beberapa alat penunjang yang kerap digunakan seseorang saat berlari, mulai dari sepatu lari, baju olahraga, hingga alat fitness tracker. Semua itu memang berguna, namun juga dapat menjadi tempat menempelnya kuman dan virus sehingga perlu dijaga dengan baik demi menurunkan risiko terjadinya penularan Covid-19.

Baca Juga

Setidaknya, ada beberapa cara membersihkan yang perlu diketahui bagi orang-orang yang gemar berlari selama pandemi. Berikut ini panduannya, seperti dilansir Men's Health.

Apple watch

 

Gunakan tisu dengan alkohol isopropil 70 persen untuk membersihkan bagian luar Apple Watch. Usapkan tisu dengan lembut agar tidak merusak jam pintar tersebut. Tisu disinfektan juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan.

Jangan gunakan cairan pemutih dan hindari untuk membuat area-area di sekitar celah jam menjadi lembap. Apple juga melarang pengguna untuk merendam Apple Watch di dalam cairan pembersih apa pun.

FitBit

Perusahaan FitBit merekomendasikan agar alat fitness tracker Fitbit dibersihkan secara rutin, khususnya setiap kali habis berolahraga. Pembersihan difokuskan khususnya di area tali pergelangan tangan.

Tali pergelangan tangan ini bisa dicuci dengan air atau diusap dengan tisu yang mengandung alkohol dalam jumlah sedikit. Alkohol yang dianjurkan menurut CDC agar bisa membunuh kuman dan virus adalah isopropanol di atas 70 persen.

Jangan membersihkan FitBit dengan sabun tangan, sabun badan, sabun piring, hand sanitizer, tisu pembersih, atau cairan pembersih rumah tangga. Carian-cairan ini dapat terjebak di dalam tali pergelangan tangan dan berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

Pastikan tali pergelangan tangan ini dikeringkan dengan baik sebelum kembali dipasang ke alat fitness tracker FitBit.

Garmin

Fitness tracker Garmin juga perlu dibersihkan agar terhindar dari keringat atau partikel-partikel kotor yang menumpuk. Bersihkan bagian silikon atau TPU elastomer band dengan kain bebas serat yang telah diberikan alkohol. Setelah itu, bilas bagian ini dengan air. Keringkan terlebih dahulu sebelum dipasang dan digunakan kembali.

Sepatu dan baju olahraga

Sejauh ini, belum ada rekomendasi khusus terkait sepatu dan baju yang digunakan setelah berolahraga. Menurut profesor di bidang kesehatan dari Appalachian State University David Nieman, menyimpan sepatu di teras rumah dan mencuci baju setelah berolahraga merupakan upaya pencegahan yang sudah cukup baik.

Hal yang perlu lebih diperhatikan adalah menjaga jarak fisik selama berolahraga di luar rumah. Upayakan untuk berolahraga sendirian agar bisa mejaga jarak fisik dengan baik.

Selain itu, pastikan untuk tidak menyentuh wajah atau objek-objek yang mungkin banyak disentuh orang selama berolahraga. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan dengan baik menggunakan sabun setelah pulang ke rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement