Senin 06 Apr 2020 23:54 WIB

Persiapan Karantina di Daerah Antisipasi Kedatangan ODP

.

Red: Yogi Ardhi

Tenaga pengajar mempersiapkan salah satu ruangan sebagai tempat karantina di SDN Kaliwungu 1 Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta kepada seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Jatim untuk mempersiapkan gedung-gedung sekolah dasar (SD) sebagai tempat karantina sementara bagi para pemudik yang pulang ke kampung halaman (FOTO : Antara/Syaiful Arif)

Tenaga pengajar mempersiapkan salah satu ruangan sebagai tempat karantina di SDN Kaliwungu 1 Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta kepada seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Jatim untuk mempersiapkan gedung-gedung sekolah dasar (SD) sebagai tempat karantina sementara bagi para pemudik yang pulang ke kampung halaman (FOTO : ANTARA/Syaiful Arif)

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf (kiri) bersama anggota Forkompimda dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah COVID-19 meninjau kesiapan barak terpadu Integrated Community Shelter (ICS) untuk isolasi warga Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 di Desa Blang Ado, Kuta Makmur, Aceh Utara, Aceh, Senin (6/4/2020). ICS bekas penampungan etnis Rohingya tersebut telah rampung direnovasi dan siap menerima 62 orang ODP COVID-19 yang baru kembali dari Bangkok, Malaysia, Batam dan Jakarta (FOTO : ANTARA/Rahmad)

Pekerja menyiapkan ruang isolasi di Asrama Haji Yogyakarta, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (6/4/2020). Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan Asrama Haji Yogyakarta sebagai ruangan isolasi untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), Tenaga Medis, Dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) COVID-19 yang sudah sembuh namun tidak diterima dilingkungan masyarakat. (FOTO : ANTARA /Hendra Nurdiyansyah)

Pekerja menyiapkan ruang isolasi di Asrama Haji Yogyakarta, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (6/4/2020). Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan Asrama Haji Yogyakarta sebagai ruangan isolasi untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), Tenaga Medis, Dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) COVID-19 yang sudah sembuh namun tidak diterima dilingkungan masyarakat (FOTO : ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karantina adalah salah satu prosedur untuk memantau kondisis seseorang terpapar SARS CoV-2 atau tidak. Bisa dilakukan secara mandiri maupun pada satu tempat yang disediakan pemerintah. 

Selama masa inkubasi minimal 14 seseorang dipantau, atau mengawasi diri sendiri akan adanya perubahan kondisi tubuhnya.

Beberapa pemerintah daerah menyiapkan tempat karantina, mengantisipasi warganya yang membandel pulang dari daerah zona merah terpapar covid. Seperti yang dilakukan oleh pemprov Jatim, Aceh dan Yogya. 

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement