Senin 06 Apr 2020 22:01 WIB

Pemkab Batang Gratiskan Air Bersih Tiga Bulan

Pemkab Batang menggratiskan pembayaran air bersih selama tiga bulan ke depan.

Pemkab Batang menggratiskan pembayaran air bersih selama tiga bulan ke depan (Foto: ilustrasi PDAM)
Foto: Wordpress
Pemkab Batang menggratiskan pembayaran air bersih selama tiga bulan ke depan (Foto: ilustrasi PDAM)

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah, menggratiskan tagihan atau pembayaran air bersih pada pelanggan PDAM selama tiga bulan ke depan. Hal ini sebagai upaya membantu masyarakat yangterdampak wabah COVID-19.

Bupati Batang, Wihaji, mengatakan bahwa bagi pelanggan PDAM kategori R1 atau miskin akan digratiskan tagihan air bersih selama tiga bulan ke depan. Sedangkan kategori R2 mendapat potongan 30 persen dan pelanggan niaga sebesar 20 persen.

Baca Juga

"Kami mengambil kebijakan untuk menggratiskan tagihan air bersih pada pelanggan kategori miskin selama tiga bulan ke depan. Hal ini, juga sebagai bentuk kepedulian pemkab untuk membantu masyarakat akibat wabah virus corona," katanya, Senin (6/4).

Keputusan Bupati Batang tersebut mulai berlaku untuk tagihan rekening pelanggan pada April, Mei, dan Juni 2020. Selain menggratiskan pelanggan PDAM, kata dia, pemkab juga masih menyusun skema jaring pengaman sosial untuk membantu warga terdampak virus corona.

"Semangat kita gotong royong karena situasi saat ini sulit. Saya bersama Wakil Bupati dan DPRD lagi mempercepat penentuan kebijakan sosial, keselamatan, dan kemanusiaan, sebagai ikhtiar agar perekonomian masyarakat tetap jalan," katanya.

Dalam kesempatan ini, Direktur PDAM, Batang Yulianto, mengatakan, pihaknya sudah mengajukan permohonan keinginan para pelanggan untuk mendapat keringanan pembayaran air bersih.

"Kita ajukan keinginan para pelanggan itu kepada Bupati Batang, apakah dengan adanya tuntutan itu bupati juga akan memberikan kebijakan yang sama. Yang jelas, misi PDAM adalah memberikan pelayanan dan kepuasan, serta kecintaan pada para pelanggan.," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement