Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

10 Tanda Kiamat Menurut Pakar Tafsir Imam Al Qurthubi

Senin 06 Apr 2020 21:55 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Imam Al Qurthubi menjelaskan 10 tanda kiamat dalam karyanya. Hari Kiamat (ilustrasi)

Imam Al Qurthubi menjelaskan 10 tanda kiamat dalam karyanya. Hari Kiamat (ilustrasi)

Foto: pulsk.com
Imam Al Qurthubi menjelaskan 10 tanda kiamat dalam karyanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal yang selama berabad-abad menjadi pertanyaan dan perbincangan tentang tanda-tanda, dan berbagai peristiwa yang mendahului datangnya hari kiamat,

Baca Juga

Imam Al Qurthubi, dalam kitabnya yang monumental berjudul At-Tadzkiratu fi ahwal al-mawta wa ahwal al-akhirah yang dialihbahasakan dengan judul Rahasia Kematian, Alam Akhirat, & Kiamat, mengupas panjang lebar dan perinci tentang peristiwa kiamat dan akhirat (sebanyak 160 bab). Penulis pun memaparkan tentang fitnah dan tanda-tanda kiamat dalam 62 bab.  

Dikupas dalam buku ini misalnya, tentang shirat (jembatan), syafaat, surga, neraka, Imam Mahdi, Dajjal, Ya'juj dan Ma'juj, turunnya Nabi Isa, 10 tanda yang akan terjadi menjelang kiamat, tanda-tanda kiamat terjadi setelah 200 tahun, dan keluarnya binatang melata.  

Berkaitan dengan 10 tanda yang akan terjadi menjelang kiamat, penulis mengutip sejumlah hadits. Antara lain, yang diriwayatkan dari Hudzaifah, bahwa dia bercerita, "Kami sedang duduk-duduk di bawah naungan sebuah tembok di Madinah. 

Sementara Rasulullah, berada di dalam kamar. Beliau menengok kami dan bertanya, 'Sedang apa kalian duduk-duduk di situ?' Kami menjawab, 'Sedang berbincang-bincang.' Beliau bertanya, 'Tentang apa?' Kami menjawab, 'Tentang kiamat.

'Beliau bersabda, 'Kiamat tidak akan tiba sebelum kalian melihat 10 tandanya. Pertama-tama ialah matahari terbit dari barat, kabut, Dajjal, binatang melata, lalu tiga peristiwa gerhana bulan (yakni gerhana yang terjadi di sebelah timur, gerhana yang terjadi di sebelah barat, dan gerhana yang terjadi di semenanjung Arab). Lalu, datangnya Isa, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, dan terakhir ialah munculnya api dari Yaman di sebuah Jurang 'Aden. Siapa pun yang berada di belakangnya, dia akan digiring ke padang mahsyar.'' 

Buku ini menjawab berbagai pertanyaan pembaca, khususnya kaum Muslimin, tentang segala hal mengenai hari kiamat. Selain itu, juga menjawab dua fenomena gaib lainnya yang harus dilewati oleh seorang manusia setelah jatah usianya di dunia berakhir, yakni kematian dan hari akhirat. Dengan menggunakan dalil-dalil Alquran dan hadis Rasulullah saw, Imam Al-Qurthubi mengupas lengkap dan tuntas ketiga misteri tersebut.

Seperti ditegaskan oleh Rasulullah SAW, Mukmin yang cerdas adalah yang selalu ingat mati dan mempersiapkan diri untuk mati. Tentunya hal itu juga berarti mempersiapkan diri menunggu datangnya hari kiamat dan hari pembalasan (akhirat).

 

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA