Selasa 07 Apr 2020 03:03 WIB

BIN Berikan Alkes pada RSUP Persahabatan

BIN berharap tenaga medis bisa menangani pasien Covid-19 secara maksimal.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Intelijen Negara (BIN) memberikan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) bagi tenaga medis di Gedung Griya Puspa Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan agar tenaga medis bisa menangani pasien Covid-19 secara maksimal.

"Saya ingin bantuan Alkes ini dapat memaksimalkan kinerja serta melindungi tenaga medis dalam menangani pasien yang suspect maupun positif Covid-19.  Semoga para pahlawan kesehatan yang berada di garda terdepan dapat terlindungi dan lebih semangat dalam menangani pasien dengan adanya tambahan Alkes tersebut," kata perwakilan tenaga medis Poliklinik BIN, Indiani dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Senin (6/4).

Kemudian, ia melanjutkan bantuan Alkes dari BIN meliputi Catridge & Collection Kit sebanyak 2.000 buah, PCR Biomolekuler dua buah, Ventilator lima buah, Digital Rontgen dua buah , Alat Pelindung Diri (APD) 500 buah, Masker N95 300 kotak, Sarung Tangan Kesehatan 500 kotak, Dacron SWAB 10.000 kotak dan Cloroquine 10.000 kotak.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh BIN. Menurutnya, bantuan ini membantu untuk para petugas medis yang cukup kesulitan mendapatkan APD akibat tingginya kebutuhan dalam penanganan virus tersebut.

''Bantuan ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis agar mereka dapat lebih bekerja secara maksimal dalam penanganan Covid-19, " kata Rita.

Ia berharap masyarakat turut berperan aktif dalam menanggulangi penyebaran wabah tersebut baik melalui langkah preventif di lingkungan kerja maupun pemberian bantuan kepada para tenaga medis. “Masyarakat juga memiliki peran sentral dalam mengurangi pandemi Covid-19. Semoga kondisi ini segera berlalu dan kembali kondusif,” kata dia.

Diketahui, pada kegiatan ini turut hadir sejumlah personel BIN, tenaga medis Poliklinik BIN dan jajaran direksi serta perwakilan tenaga medis RSUP Persahabatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement