Selasa 07 Apr 2020 02:15 WIB

Akademisi Galang Dana untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19

Dalam waktu hanya lima hari telah terkumpul lebih dari Rp 475 juta

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Esthi Maharani
 Marzuki Alie (tengah)
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Marzuki Alie (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah akademisi yang tergabung dalam Whatsapp Grup Jejaring Indonesia Maju (WAG-JIM) menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah dalam waktu hanya lima hari telah terkumpul lebih dari Rp 475 juta," ujar inisiator yang merupakan mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie, kepada Republika, Senin (6/4).

Ia mengatakan, dana tersebut segera akan disumbangkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di DKI Jakarta. Sumbangan tersebut akan diberikan dalam bentuk sembako senilai Rp150.000 per paket kepada masyarakat tidak mampu dan pulsa kepada mahasiswa sejumlah Rp100.000.

"Bantuan ini relatif kecil tetapi melalui cara semacam ini diharapkan inisiatif masyarakat akan terbangun. Mahasiswa yang kurang mampu sangat memerlukan guna mendukung program e-learning akibat kampus diliburkan," jelas dia.

Akademisi yang tergabung dalam WAG-JIM telah menyampaikan berbagai pemikiran dan melakukan diskusi untuk mengatasi ganasnya Covid-19. Tanpa disadari Covid-19 telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan. Tidak terbilang korban yang telah ditimbulkan, ribuan nyawa melayang dan ekonomi dunia menuju kehancuran.

"Tidak mungkin penangan Covid-19 akan berhasil tanpa 'Gotong Royong' sebagai esensi Pancasila dan disiplin setiap kita," jelas Azyumardi Azra yang juga tergabung dalan grup tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement