Senin 06 Apr 2020 14:20 WIB

Tangani Covid-19, Jokowi: Jangan Sampai Kita Terlambat

Presiden menyatakan, penyakit corona bukan hanya di Indonesia, tapi di 207 negara.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo ingin memastikan pemerintah daerah (pemda) telah merealokasi dan merefocusing anggaran dalam APBD agar bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat bisa segera dicairkan. Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference dengan topik Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 dari Istana Kepresidenan di Bogor, Senin (6/4), mengatakan, ia mendata pemda yang telah melakukan realokasi dan refocusing anggaran.

“Saya minta di-update berapa persen provinsi, kabupaten/kota yang melakukan realokasi dan refocusing anggaran di APBD,” kata Presiden.

Menurut Kepala Negara, hal itu sangat penting dalam kondisi wabah Covid-19 saat ini sehingga tak boleh ada langkah yang terlambat. “Ini penting sekali jangan sampai kita terlambat terutama yang berkaitan dengan jaring pengaman sosial agar segera dinikmati masyarakat,” kata Jokowi.

Dia juga mengatakan, sekarang ini sudah 207 negara yang terdampak Covid-19 dengan 10 negara dengan kasus tertinggi meliputi Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Jerman, China, Prancis, Iran, Inggris, Turki, dan Swiss. “Biar kita semua memiliki gambaran penyakit ini bukan hanya di Indonesia, tapi di 207 negara,” kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga meminta agar penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat. “Karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker, karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit, yang sehat enggak, tapi sekarang enggak semua yang keluar rumah harus pakai masker,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement