Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Samsung Kembangkan Layar Lipat dengan Harga Miring

Senin 06 Apr 2020 14:08 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Samsung Galaxy Z Flip dibanderol Rp 21,8 juta per unit (Foto: Samsung Galaxy Z Flip)

Samsung Galaxy Z Flip dibanderol Rp 21,8 juta per unit (Foto: Samsung Galaxy Z Flip)

Foto: Youtube
Samsung sebelumnya sudah mengeluarkan Samsung Galaxy Z Flip dengan harga Rp 21 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL—Samsung telah melakukan inovasi dengan menghadirkan smartphone dengan layar lipat lewat produk Samsung Galaxy Z Flip. Tapi, nampaknya, vendor asal Korea itu belum cukup puas dengan inovasi itu.

Dilansir dari GSM Arena pada Senin (6/4), salah satu hal yang membuat Samsung kurang puas adalah karena layar lipat yang mengandalkan teknologi foldable glass itu membuat harga produknya melonjak drastis. Oleh karena itu, Samsung pun mencoba melakukan pengembangan untuk dapat menghasilkan layar lipat dalam biaya produksi yang lebih rendah.

Sebagai informasi, Samsung adalah perusahaan yang terdiri dari sejumlah anak perusahaan. Sehingga, pembuatan gawai ditangani oleh Samsung Electronics dan pembuatan layar ditangani oleh Samsung Display yang fokus pada produksi layar televisi, gawai dan lain-lain.

Tapi ternyata, hal inilah yang dinilai membuat harga foldable glass melonjak karena Samsung Electronics harus bekerja sama dengan Samsung Display. Oleh karena itu, demi dapat menekan biaya produksi, Samsung Electronics pun melakukan pengembangan mandiri lewat Samsung Mobile Division.

Sebagai langkah awal, Samsung Electronics pun menghubungi sejumlah produsen layar lipat. Dengan begitu, masing-masing produsen akan berkompetisi untuk dapat memenangkan tender lewat penawaran harga foldable glass yang paling terjangkau.

Ini menjadi straegi yang sangat penting mengingat ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara foldable glass dibanding tempered glass biasa. Mengingat, tempered glass hanya berkontribusi sebesar 2 dolar AS pada harga komponen, sedangkan foldable glass berkontribusi sebesar 40 dolar AS.

Lewat terobosan ini, Samsung ingin agar nantinya konsumen dapat menikmati gawai layar lipat dalam harga yang lebih terjangkau namun dengan teknologi yang tetap terdepan.

Soal produk Samsung Galaxy Z Flip, saat ini di Indonesia produk ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 21 juta. Gawai ini pun bukanlah penerus dari Samsung Galaxy Fold karena hadir dalam konsep lipatan horisontal sedangkan Galaxy Fold hadir dalam lipatan vertikal.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA