Senin 06 Apr 2020 10:51 WIB

Pasien 03 di Lampung Sembuh dan Pulang ke Rumah

Dalam eiwayatnya, RS sempat menemani tamunya warga negara asing.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus Yulianto
RSUD Abdul Moeloek Lampung
Foto: Republika/Mursalin Yasland
RSUD Abdul Moeloek Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sebelum pulang ke rumah RS (35 tahun) berpamitan dengan perawat dan dokter yang merawatnya selama masa isolasi di RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung, Ahad (5/4) petang. Pasien 03 positif virus corona (Covid-19) telah dinyatakan sembuh total hasil swab kedua negatif.

"Alhamdulillah pasien nomor 03 sembuh total," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana dalam keterangan persnya di Bandar Lampung, Ahad (5/4) malam.

Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung mengatakan, informasi kesembuhan pasien 03 bisa disebarluaskan agar masyarakat mengetahui bila penyakit COvid-19 bukan aib. "Insya Allah kalau semangat bisa sehat," ujarnya.

Menurut dia, hasil swab pertama setelah dirawat, kondisi RS terus membaik. Ia telah dinyatakan sehat dan sembuh. Namun, untuk memastikan kesembuhan secara total, RS harus menunggu hasil swab kedua. Dari hasil tes swab kedua, negatif Covid-19.

Sebelumnya, juga pasien 01 berusia 62 tahun juga sudah dinyatakan sembuh, namun masih dirawat di ruang isolasi khusus Covid-19 RSUD Abdul Moeloek. Pasien 01 belum boleh pulang ke rumah, karena masih menunggu hasil swab kedua, seperti RS pasien 03.

Dalam video yang beredar di media sosial dan grup Whatsapp, pasien 02 RS membagikan rasa kebahagiaannya kepada masyarakat. Sebelum keluar rumah sakit, ia berpamitan dengan perawat dan dokter yang merawatnya. Dalam video berdurasi 13 detik tersebut, RS yang masih mengenakan masker hijau mengajak pasien positif Covid-19 bersemangat melawan penyakitnya.

"Ya, saya bisa pulang. Buat teman-teman yang lain yang kena (Covid-19), tetap semangat dan tetap berjuang (melawan Covid-19). Dan (semoga) bisa seperti saya, bisa pulang (ke rumah) lagi nanti," tuturnya dalam video tersebut, saat didampingi keluarga dan paramedis RSUD Abdul Moeloek Lampung.

RS pasien positif Covid-19 masuk RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung dan dirawat di ruang isolasi sejak 26 Maret 2020. Ia dirawat karena gejalanya sudah masuk pasien dalam pengawasan atau PDP. Riwayatnya, ia menemani tamunya warga negara asing. Setelah itu ia mengeluhkan kesehatan tubuhnya setelah kontak dengan orang asing tersebut.

Diskes Lampung merilis ada tambahan jumlah pasien positif  Covid-19 dari 11 orang menjadi 13 orang pada Ahad (5/4). Dua orang pasien positif 12 dan 13 warga Kota Bandar Lampung. Sedangkan PDP juga bertambah satu jadi 36 orang, orang dalam pemantauan (ODP) bertambah dari 1.402 menjadi 1.530 orang. Dari pasien positif tersebut, dua orang meninggal dunia.

Menurut dr Reihana, pasien positif 13 orang tersebut, yang masih dirawat sebanyak 9 orang, 2 orang meninggal dan 2 orang sembuh. Sedangkan PDP sebanyak 37 orang, 15 masih dirawat di rumah sakit, 4 diisolasi, dan 18 orang pasien pulang, sembuh, dan negatif. SedangkanODP sebanyak 1.530 orang, 1.179 orang proses pemantauan, dan 351 orang selesai pemantauan 14 hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement