Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Panduan Memakai dan Mencuci Masker Kain

Senin 06 Apr 2020 09:21 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Masker kain. Masyarakat telah diwajibkan memakai masker kain, kenali panduan pakai dan cucinya.

Masker kain. Masyarakat telah diwajibkan memakai masker kain, kenali panduan pakai dan cucinya.

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Masyarakat telah diwajibkan memakai masker kain, kenali panduan pakai dan cucinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum pemerintah mewajibkan pemakaian masker kain oleh masyarakat umum yang tak menangani pasien Covid-19, banyak orang sudah mencoba membuatnya sendiri di rumah. Mereka bahkan membagikannya untuk warga yang tak mungkin berdiam di rumah selama masa pembatasan aktivitas di ruang publik berlangsung.

Sejatinya, masker kain tetap harus dapat melindungi area wajah, termasuk hidung dan mulut, dan tidak mengganggu jalan pernapasan. Masker harus tetap memungkinkan orang untuk bernapas dengan leluasa.

Baca Juga

Dilansir dari laman CDC.gov, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan untuk memakai masker di area publik dengan jumlah orang yang sulit dibatasi, misalnya toko kelontong, apotek, terutama di daerah-daerah transmisi berbasis masyarakat yang signifikan.

CDC menyarankan penggunaan masker sederhana untuk memperlambat penyebaran virus dan membantu orang yang mungkin memiliki virus dan tidak menularkannya kepada orang lain. Masker bisa dibuat dari bahan yang ada di rumah atau barang sederhana yang harganya terjangkau.

Aturan pakai masker asalkan tidak boleh digunakan pada empat kategori masyakat yakni anak-anak di bawah usia dua tahun, siapa saja yang mengalami kesulitan bernapas, atau orang yang tidak sadar. Hindari pula memakaikan masker kepada orang yang tidak mampu atau tidak dapat melepas masker tanpa bantuan.

Masyarakat umum tak disarankan memakai masker bedah atau respirator N-95. Sebab masker tersebut adalah persediaan kritis yang harus terus dicadangkan untuk petugas kesehatan dan responden medis pertama lainnya, seperti yang direkomendasikan oleh pedoman CDC saat ini.

photo
Cara Penyebaran dan Pencegahan Virus Corona - (Republika)
Pedoman berikutnya, masker harus dibersihkan secara teratur. Masker harus dicuci secara rutin tergantung pada frekuensi penggunaan.

Menurut Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam. Setelah selesai dipakai, masker kain harus dapat dicuci dan dikeringkan tanpa merusak atau mengubah bentuknya.

Bagaimana cara mensterilkan atau membersihkan masker dengan aman? "Masker yang telah digunakan harus direndam menggunakan sabun terlebih dulu sebelum dicuci," kata Yuri seraya mengingatkan agar pengguna masker harus berhati-hati untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka saat melepas masker dan mencuci tangan segera setelah melepasnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA