Senin 06 Apr 2020 06:14 WIB

Positif Corona Meninggal di DIY Miliki Riwayat Penyakit Lain

Daftar positif Covid-19 di DIY yang meninggal menjadi empat kasus.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
(Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
(Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- DIY melaporkan ada satu tambahan pasien positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) yang meninggal pada 5 April 2020. Pasien ini memiliki riwayat penyakit lain.

Pasien tersebut merupakan kasus 14, warga asal Kabupaten Bantul yang berjenis kelamin laki-laki dan sudah berumur 71 tahun. Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, pasien ini memiliki riwayat penyakit ginjal dan leukimia.

Penyakit bawaan tersebut memperparah kondisi pasien dan akhirnya meninggal pada 5 April. Meninggalnya pasien ini, menambah daftar positif Covid-19 di DIY yang meninggal menjadi empat kasus.

"Bagi orang dengan riwayat penyakit kronis misalnya kanker, diabetes, hipertensi, ginjal dan sebagainya, kemudian terinfeksi oleh Covid-19, mereka adalah termasuk orang yang rentan karena akan memperberat penyakitnya serta beban penyakit yang lebih parah dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai penyakit kronis," kata Berty, Ahad (5/4).

Per 5 April ini, total PDP di DIY mencapai 334 orang dengan 124 di antaranya masih dalam perawatan di beberapa rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di DIY. Sementara, total ODP mencapai 2.639 orang.

"Yang positif ada 35 orang dengan enam kasus dinyatakan sembuh dan empat kasus meninggal dunia. Yang sudah dinyatakan negatif ada 109 orang dan PDP masih dalam proses laboratorium ada 190 orang dengan delapan diantaranya meninggal dunia sebelum hasil laborarotium keluar," kata Berty.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement